Unires Report: Kajian Pola Hidup Sehat

Kesehatan merupakan hal penting yang harus selalu dijaga oleh mahasiswa. Tidak hanya kesehatan mental, akan tetapi juga kesehatan fisik. Dengan fisik yang sehat, maka aktivitas apapun akan dapat diselesaikan dengan baik terutama aktivitas ibadah dan program sehari-hari yang dilaksanakan di Unires.

Divisi Kesehatan dan Kebersihan Unires Putra UMY berinisiatif mengadakan Kajian Pola Hidup Sehat untuk residen Unires Putra. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran residen agar dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan Unires. Kajian Pola Hidup Sehat kali ini diisi oleh dr. Dika Rizkiardi, MMR. beliau merupakan pengajar skill lab Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 24 November 2023 pukul 19.30-21.00 WIB ini berjalan baik dengan diikuti oleh residen dan SR-ASR Unires Putra UMY. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung U Lantai 4 Unires Putra UMY. Kegiatan ini dipandu oleh moderator yaitu Lukman Al Hakim yang merupakan Asisten Senior Residen Unires Putra UMY sekaligus  Koordinator Divisi Kesehatan dan Kebersihan Unires Putra UMY. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ibnu Syakur Alsya’bani, S.Pd. selaku Pembina Lantai 3 Unires Putra UMY sekaligus Supervisor Divisi Kesehatan dan Kebersihan Unires Putra UMY. Setelah itu masuk kepada penyampaian materi oleh pemateri dan ditutup dengan penyerahan sertifikat oleh Supervisor Divisi Kesehatan dan Kebersihan Unires Putra UMY kepada pemateri.

dr. Dika menyampaikan poin-poin penting yang perlu diperhatikan residen dalam menerapkan pola hidup sehat, semuanya terangkum dalam prinsip SEGARI, yaitu: 1) Selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan, 2) Emosional manajemen agar tidak stress, 3) Gak merokok dan minum alkohol, 4) Asupan makan dan cairan yang baik, 5) Rajinlah olahraga, 6) Istirahatlah yang cukup. Materi tersebut sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa, oleh karena itu harapannya materi yang disampaikan dapat diterapkan dengan baik oleh residen.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522