Unires Report: Komitmen Nyata dalam Melestarikan Budaya Nusantara, Food and Culture Festival Mewarnai Milad ke-16 Unires UMY

Rangkaian kegiatan Milad Divisi Pengkaderan dan Kepemimpinan Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (Unires) UMY pada 18/02/2024 ditutup dengan acara Food and Culture Festival sekitar pukul 13.00 WIB yang bertempat di Aula Lantai Dasar Gedung M Unires Putri. Sesuai namanya, acara ini menyajikan banyak pertunjukan budaya dan presentasi makanan khas daerah.

Para penampil adalah seluruh residen putra dan putri Unires UMY yang terbagi berdasarkan regional daerah asalnya yang terdiri dari SUMATERA, JABODETABEK, DIY & JATENG, JAWA TIMUR, SULAWESI, serta NUSA TENGGARA. Sementara secara teknis, pertunjukan budaya dan presentasi makanan khas daerah tersebut dipecah menjadi sejumlah 14 kelompok, yaitu DIY & JATENG 1, DIY & JATENG 2, DIY & JATENG 3, DIY & JATENG 4, DIY & JATENG 5, NUSA TENGGARA, JAWA TIMUR, SUMATRA 1, SUMATRA 2, SUMATRA 3, SUMATRA 4, JABODETABEK 1, JABODETABEK 2, JABODETABEK 3, serta SULAWESI. Diwarnai dengan berbagai penampilan yang atraktif dan menghibur , ditambah dengan dekorasi panggung yang mencerminkan budaya nusantara, kegiatan ini berjalan dengan begitu meriah dan penuh dengan nuansa kearifan lokal.

Pertunjukan yang ditampilkan tidak hanya berupa koreografi tarian dan drama, namun juga dalam bentuk permainan tradisional seperti nékeran (bermain kelereng) dan petak umpet. Sementara itu, makanan-makanan yang disajikan oleh setiap kelompok dipresentasikan dengan dua gaya. Pertama, terdapat stand untuk menghidangkan makanan atau minuman daerah dari masing-masing kelompok. Selanjutnya, setiap kelompok diberikan kesempatan untuk menjelaskan secara detail dengan presentasi layaknya seminar. Tentu saja hal ini semakin menambah pemahaman dari perwakilan alumni tim pembinaan Unires sebagai dewan juri. Dengan demikian, penilaian dari kompetisi dalam festival khas nusantara ini menjadi lebih dalam dan objektif.

Dengan penampilan-penampilan yang ditunjukkan para residen secara bergiliran, kegiatan ini dilaksanakan berjeda istirahat shalat ashar. Penampilan lainnya dilanjutkan hingga sekitar pukul 17.00 dan ditutup dengan komentar-komentar dari para juri yang bertugas. Adapun di sela-sela acara, terdapat beberapa pembagian doorprize untuk para residen yang beruntung.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522