Bentuk Penghargaan pada Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat di Bulan Ramadhan, Unires Selenggarakan Penarikan sekaligus Evaluasi Mubaligh Hijrah 1445 Secara Resmi

Menjelang 10 hari terakhir bulan ramadhan di mana pencarian malam lailatul qadar dilaksanakan, Divisi Pengkaderan dan Kepemimpinan LPPI (Unires) UMY menggelar agenda penutupan program pengabdian masyarakat bulan ramadhan ini yang bertajuk Penarikan dan Evaluasi Mubaligh Hijrah 1445 H. Bertempat di Aula Lantai Dasar Gedung M Unires Putri, Sabtu, 30/03/2024, agenda ini berjalan dengan khidmat dan menggembirakan. Pasalnya, selain laporan dan evaluasi pelaksanaan, juga terdapat pembagian hadiah serta acara buka bersama yang didahului dengan tausyiah.

Kegiatan ini diawali sekitar pukul 16.00 WIB dengan pembukaan oleh MC, Ustadzah Rahmatul Linsani, S.IP., pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Fiki Rofidah dan sambutan dari Kepala Unires, Ustadz Drs. H. Muhsin Hariyanto, M.Ag. Setelah menyapa seluruh hadirin, pada sambutannya, Ustadz Muhsin menyinggung soal pentingnya berproses dalam meraih ridho Allah, termasuk pada pengabdian di masyarakat. Ustadz Muhsin juga bercerita sekilas tentang pengalaman beliau saat mahasiswa dalam kegiatan serupa dengan mubaligh hijrah. Menjadi tulang punggung di sebuah masjid pada salah satu kota kecil di Jawa Tengah, selama lebih kurang 20 hari, atas izin Allah, semua kegiatan ramadhan dapat dilaksanakan dengan baik, meskipun itu merupakan pengalaman pertama beliau. Di akhir, salah satu dosen paling senior di UMY ini mengingatkan bahwa dalam proses berlatih itu jangan ada kata berhenti. Beliau menambahkan bahwa belajar adalah proses yang tiada akhir. Beliau juga memberikan pesan, “Lakukan yang terbaik.”. Dengan demikian, menurut beliau, kita akan dapat senantiasa menjadi pribadi yang lebih baik dan berprestasi.

Melanjutkan acara, Ustadz Sutrisno, S.T. memberikan pemaparan terkait laporan pelaksanaan mubaligh hijrah kali ini. Pada intinya, beliau memberikan informasi bahwa mubaligh hijrah tahun ini secara umum telah terlaksana dengan baik. Evaluasi juga diberikan secara khusus terhadap kendala-kendala yang muncul di lapangan. Adapun beberapa masukan diberikan baik dari peserta putra maupun putri. Hasil evaluasi ini akan dipergunakan untuk perbaikan pelaksanaan pada tahun berikutnya.

Sebelum doa dan penutup, terdapat beberapa pengumuman dari panitia pelaksanaan mubaligh hijrah yang dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk peserta yang berhak atas prestasinya dalam program pengabdian masyarakat kali ini. Acara ini menjadi momentum kegembiraan, pemicu semangat serta motivasi bagi para peserta. Terdapat penghargaan bagi kelompok pemenang video kreatif dari pengabdiannya serta bagi peserta teraktif.

Acara secara resmi ditutup oleh MC sekitar pukul 17.30 WIB dan dilanjutkan dengan persiapan berbuka puasa. Doa menjelang buka puasa dipimpin langsung oleh Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A., Kepala Program Unires. Sebelum memulai, beliau mengarahkan seluruh peserta agar berkumpul dengan formasi yang sesuai dengan kelompok pada kegiatan mubaligh hijrah ini untuk pembagian souvenir dari Unires dan berbuka puasa bersama.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522