Pendaftaran Unires
2023/2024

Let’s join us

Mahasiswa baru UMY
+ 0
Kuota Hunian
± 0
Kamar
0
Lantai, 2 Gedung
0

Ketentuan UMUM

  1. Pendaftar merupakan Mahasiswa UMY angkatan 2023 yang sudah dinyatakan lulus seleksi dan telah mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa.
  2. Mahasiswa yang akan tinggal di Unires, harus atas dasar keinginan sendiri.
  3. Pendaftaran harus dilakukan oleh Mahasiswa bersangkutan/tidak boleh diwakilkan.
  4. Pendaftar harus berpakaian sopan dan rapi.
  5. Pendaftar putri harus berjilbab dan berpakaian syar’i
  6. Pendaftaran Unires UMY dari 15 Mei 2023 –  sampai dengan kuota terpenuhi.
  7. Pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu, jika kuota kamar sudah terpenuhi.
  8. Tidak ada pengembalian dana dalam bentuk apapun, jika mengundurkan diri atau tidak melanjutkan proses pendaftaran.

Alur Pendaftaran

  1. Mendaftarkan akun menggunakan Nomor Induk Mahasiswa(NIM) pada Aplikasi Penmaru Online Unires (klik di sini), sehingga mendapatkan Nomor Pendaftaran/Registrasi dan Password. Jika tidak sempat/lupa menyimpan informasi akun, silakan hubungi kami via tautan ini dengan mencantumkan NIM.
  2. Melakukan transfer biaya pendaftaran dan konfirmasi pada aplikasi
  3. Menyiapkan hasil scan (berupa file image/gambar) dari syarat-syarat/persyaratan pendaftaran, ukuran maksimal 1 MegaBytes, disarankan maksimal 500 KiloBytes setiap file nya.
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran Online dan unggah/upload berkas persyaratan (pada aplikasi).
  5. Menunggu jadwal tes wawancara pada aplikasi, maksimal 1 x 24 jam kerja.
  6. Melakukan tes wawancara online sesuai jadwal pada aplikasi.
  7. Dinyatakan lulus atau tidak lulus.
  8. Registrasi (lihat Biaya Registrasi)
  9. Penempatan Kamar yang akan diinformasikan pada aplikasi.

Persyaratan

  1. Bukti pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000 (transfer).
  2. File scan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak atau Identitas Lain,
  3. File Pas foto 3×4
  4. Melengkapi lembar komitmen dan unggah/upload (didapatkan dari aplikasi)

Cara Pembayaran

Mandiri Livin

1. Login Mandiri Livin dengan memasukkan USERNAME dan PASSWORD.
2. Pilih menu TRANSFER.
3. Tekan menu TRANSFER KE PENERIMA BARU.
4. Masukkan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT,
5. Akan muncul tulisan “Faspay”, kemudian klik lanjutkan.
6. Masukkan nominal yang akan dibayarkan, lalu pilih Lanjutkan.
7. Setelah muncul tagihan, pilih KONFIRMASI.
8. Masukkan PIN/ CHALLENGE CODE TOKEN.
9. Transaksi selesai, simpan bukti bayar anda.

ATM Mandiri

1. Catat kode pembayaran yang anda dapat.
2. Gunakan ATM Mandiri untuk menyelesaikan pembayaran.
3. Masukkan PIN anda.
4. Pilih ‘BAYAR/BELI’
5. Pilih LAINNYA.
6. Cari pilihan MULTI PAYMENT.
7. Masukkan kode perusahaan 88308.
8. Masukkan kode pelanggan 88308+No. VA.
9. Masukkan Jumlah Pembayaran sesuai dengan Jumlah Tagihan anda kemudian tekan ‘Benar’.
10. Pilih Tagihan Anda jika sudah sesuai tekan YA
11. Konfirmasikan tagihan anda apakah sudah sesuai lalu tekan YA
12. Harap Simpan Struk Transaksi yang anda dapatkan.

ATM Prima/ATM Bersama

1. Masukkan PIN
2. Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA
3. Pilih menu KE REK BANK LAIN
4. Masukkan kode sandi Bank Mandiri (008) kemudian tekan BENAR
5. Masukkan nomor VIRTUAL ACCOUNT yang tertera pada halaman konfirmasi, dan tekan BENAR
6. Masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan yang ditagihkan dalam halaman konfirmasi
7. Pilih BENAR untuk menyetujui transaksi tersebut

Internet Banking

1. Pada halaman utama pilih menu BAYAR
2. Pilih submenu MULTI PAYMENT
3. Cari Penyedia Jasa ‘FASPAY’
4. Masukkan Kode Pelanggan
5. Masukkan Jumlah Pembayaran sesuai dengan Jumlah Tagihan anda
6. Pilih LANJUTKAN
7. Pilih Tagihan Anda jika sudah sesuai tekan LANJUTKAN
8. Transaksi selesai, jika perlu CETAK hasil transaksi anda

Mobile Banking BRI
  1. Nasabah melakukan pembayaran melalui Mobile/SMS Banking BRI
  2. Nasabah memilih Menu Pembayaran melalui Menu Mobile/SMS Banking BRI
  3. Nasabah memilih Menu BRIVA
  4. Masukan 16 digit Nomor Virtual Account
  5. Masukan Jumlah Pembayaran sesuai Tagihan
  6. Masukan PIN Mobile/SMS Banking BRI
  7. Nasabah mendapat Notifikasi Pembayaran
ATM BRI
  1. Nasabah melakukan pembayaran melalui ATM Bank BRI
  2. Pilih Menu Transaksi Lain
  3. Pilih Menu Pembayaran
  4. Pilih Menu Lainnya
  5. Pilih Menu BRIVA
  6. Masukan 16 digit Nomor Virtual Account
  7. Proses Pembayaran (Ya/Tidak)
  8. Harap Simpan Struk Transaksi yang anda dapatkan
ATM Bank Lain
  1. Setelah memasukkan KARTU ATM dan NOMOR PIN, pilih menu TRANSAKSI LAINNYA
  2. Pilih menu TRANSFER
  3. Pilih menu KE REKENING BANK LAIN
  4. Masukan Kode Bank Tujuan : BRI (Kode Bank : 002) lalu klik BENAR
  5. Masukkan JUMLAH PEMBAYARAN sesuai tagihan. Klik BENAR
  6. Masukan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT
  7. Pilih dari REKENING apa pembayaran akan di-DEBET
  8. Sistem akan memverifikasi data yang dimasukkan. Pilih BENAR untuk memproses
Internet Banking
  1. Nasabah melakukan pembayaran melalui Internet Banking BRI
  2. Nasabah memilih Menu Pembayaran
  3. Nasabah memilih Menu BRIVA
  4. Masukan Kode Bayar dengan 16 digit Nomor Virtual Account
  5. Masukan Password Internet Banking BRI
  6. Masukan mToken Internet Banking BRI
  7. Nasabah mendapat Notifikasi Pembayaran
Mobile Permata Mobile
  1. Buka aplikasi PERMATAMOBILE
  2. Masukkan USER ID & PASSWORD
  3. Pilih BAYAR TAGIHAN
  4. Pilih VIRTUAL ACCOUNT
  5. Masukkan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT (Contoh: 8985351630585247)
  6. Pilih REKENING
  7. Masukkan NOMINAL PEMBAYARAN
  8. Muncul konfirmasi pembayaran
  9. Masukkan OTENTIKASI TRANSAKSI (TOKEN)
  10. Transaksi Selesai
ATM Permata
  1. Masukkan PIN
  2. Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA
  3. Pilih menu PEMBAYARAN
  4. Pilih menu PEMBAYARAN LAINNYA
  5. Pilih VIRTUAL ACCOUNT
  6. Masukkan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT (Contoh: 8985351630585247)
  7. Jumlah yang harus dibayar dan nomor rekening akan muncul pada halaman konfirmasi pembayaran. Jika informasi sudah benar, pilih BENAR
 
ATM Prima/ATM Bersama
  1. Masukkan PIN
  2. Pilih menu TRANSFER
  3. Pilih menu TRANSFER KE BANK LAIN
  4. Masukkan KODE PermataBank (013) lalu tekan BENAR
  5. Masukkan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT (Contoh: 8985351630585247)
  6. Halaman konfirmasi pembayaran akan muncul. Jika informasi sudah benar, pilih BENAR
    • Note: Jika jumlah nominal tidak sesuai dengan tagihan akan menyebabkan transaksi gagal.
 
Permata Net
  1. Buka website PermataNet : https://new.permatanet.com
  2. Masukkan USER ID & PASSWORD
  3. Masukkan KODE KEAMANAN (CAPTCHA)
  4. Pilih PEMBAYARAN TAGIHAN
  5. Pilih VIRTUAL ACCOUNT
  6. Pilih REKENING
  7. Masukkan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT (Contoh: 8985351630585247)
  8. Masukkan NOMINAL PEMBAYARAN
  9. Muncul KONFIRMASI PEMBAYARAN
  10. Masukkan OTENTIKASI TRANSAKSI (TOKEN)
  11. Transaksi selesai
 
ATM CIMB Niaga
  1. Masukan kartu ATM dan PIN CIMB Niaga Anda
  2. Pilih Menu Pembayaran
  3. Pilih Virtual Account
  4. Masukkan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT
  5. Muncul nama dan nominal billing di layar konfirmasi
  6. Pilih OK untuk payment
ATM Bersama/Prima/Bank Lain
  1. Masukan kartu ATM dan PIN Anda
  2. Masuk ke menu TRANSFER/TRANSFER Online
  3. Pilih Bank tujuan -> Bank CIMB Niaga (kode bank: 022)
  4. Masukkan nomor Virtual Account Anda
  5. Masukkan jumlah pembayaran sesuai tagihan
  6. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi
Octo Clicks
  1. Login ke OCTO Clicks
  2. Pilih menu Pembayaran Tagihan
  3. Pilih kategori Mobile Rekening Virtual
  4. Masukkan nomor Virtual Account Anda
  5. Tekan tombol ‘lanjut untuk verifikasi detail’
  6. Tekan tombol ‘kirim OTP untuk lanjut’
  7. Masukkan OTP yang dikirimkan ke nomor HP anda
  8. Tekan tombol ‘Konfirmasi’
Interneet Banking Bank Lain
  1. Login Ke Internet Banking
  2. Pilih menu Transfer ke Bank Lain Online
  3. Pilih bank tujuan Bank CIMB Niaga (kode bank: 022)
  4. Masukkan nomor Virtual Account Anda
  5. Masukan jumlah amount sesuai tagihan
  6. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi
Octo Mobile
  1. Login ke Octo Mobile
  2. Pilih menu TRANSFER > Transfer to Other CIMB Niaga Account
  3. Pilih rekening sumber anda: CASA atau Rekening Ponsel
  4. Masukkan nomor Virtual Account Anda pada kolom Transfer To
  5. Masukkan jumlah amount sesuai tagihan
  6. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi
EDC
  1. Pada menu EDC pilih menu ‘Virtual Account’ menggunakan kursor
  2. Pilih ‘Pembayaran Tagihan VA’ dengan menggunakan tombol kursor
  3. Kemudian masukkan / gesekkan kartu CIMB Niaga
  4. Konfirmasi kartu jika ingin melanjutkan, Pilih YES atau tekan tombol ENTER
  5. Masukkan nomor virtual account
  6. Kemudian pilih jenis Rekening anda dengan menggunakan tombol angka 1 atau 2, lalu tekan ENTER
  7. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi
ATM Danamon (Open/Partial Payment)
  1. Masukkan KARTU ATM
  2. Pilih BAHASA yang akan digunakan
  3. Masukkan PIN, pilih LANJUTKAN
  4. Pada layar pengumuman Danamon, pilih LANJUTKAN
  5. Pada menu PILIH JUMLAH UANG ATAU JENIS TRANSAKSI, pilih PEMBAYARAN
  6. Pada menu PEMBAYARAN, pilih LAINNYA
  7. Pada menu PEMBAYARAN LANJUTAN, pilih VIRTUAL ACCOUNT
  8. Masukkan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT yang akan dibayarkan, setelah itu pilih BENAR
  9. Setelah muncul konfirmasi data pembayaran, MASUKKAN NOMINAL yang akan dibayar
  10. Pada layar konfirmasi pembayaran virtual account, pastikan data yang tertera sudah benar.
  11. Pilih YA untuk membayar.
  12. Transaksi selesai, simpan struk pembayaran
ATM Danamon (Closed Payment)
  1. Masukkan KARTU
  2. Pilih BAHASA yang akan digunakan
  3. Masukkan PIN, pilih LANJUTKAN
  4. Pada layar pengumuman Danamon, pilih LANJUTKAN
  5. Pada menu PILIH JUMLAH UANG ATAU JENIS TRANSAKSI, pilih PEMBAYARAN
  6. Pada menu PEMBAYARAN, pilih LAINNYA
  7. Pada menu PEMBAYARAN LANJUTAN, pilih VIRTUAL ACCOUNT
  8. Masukkan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT yang akan dibayarkan, setelah itu pilih BENAR
  9. Setelah muncul konfirmasi data pembayaran, pastikan data yang tertera sudah benar. Pilih YA untuk membayar
ATM Bank Lain
  1. Setelah memasukkan ATM & PIN, pilih menu PINDAH BUKU ke Bank Lain atau ONLINE TRANSFER ke Bank Lain.
  2. Masukkan KODE ‘011’ (kode Danamon) diikuti dengan NOMOR VIRTUAL ACCOUNT yang akan dibayarkan, kemudian pilih PROSES/LANJUTKAN.
  3. Masukkan NOMINAL PEMBAYARAN, kemudian pilih PROSES/LANJUTKAN.
  4. Biarkan kosong pada pilihan input NOMOR REFERENSI, langsung pilih PROSES/LANJUTKAN.
  5. Pilih SUMBER REKENING pendebetan anda.
  6. Pastikan data yang tertera sudah benar, pilih PROSES/LANJUTKAN untuk melakukan pembayaran.
  7. Transaksi selesai, simpan struk pembayaran anda
Danamon Mobile Banking D-Bank (Open/Partial Payment)
    1. Masukkan USER ID & PASSWORD, pilih LOGIN
    2. Pilih PEMBAYARAN
    3. Gulung layar kebawah, pilih VIRTUAL ACCOUNT
    4. A. Jika NOMOR VA BELUM PERNAH disimpan, pilih ‘+TAMBAH BILLER BARU’ untuk memasukkan NOMOR VA, setelah itu ikuti petunjuk pada poin 5.A
      B. Jika NOMOR VA SUDAH DISIMPAN sebelumnya, pilih NOMOR VA pada DAFTAR REKENING TUJUAN Favorit, setelah itu ikuti panduan pada poin 5.B
    5. A. Masukkan NOMOR VA untuk PENDAFTARAN VA baru, pilih Ajukan. Setelah itu ikuti panduan
      B. Masukkan NOMINAL yang ingin ditransfer.
    6. Pastikan kebenaran pengisian data. Masukkan mPIN untuk mengkonfirmasi pembayaran, pilih KONFIRMASI. Tunggu sampai layar menunjukkan konfirmasi ‘Transaksi Berhasil’. Selesai.
Danamon Mobile Banking D-Bank (Closed Payment)
  1. Masukkan USER ID & PASSWORD, pilih LOGIN
  2. Pilih PEMBAYARAN
  3. Gulung layar kebawah, pilih VIRTUAL ACCOUNT
  4. A. Jika NOMOR VA BELUM PERNAH disimpan, pilih ‘+TAMBAH BILLER BARU’ untuk memasukkan NOMOR VA, setelah itu ikuti petunjuk pada poin 5.A
    B. Jika NOMOR VA SUDAH DISIMPAN sebelumnya, pilih NOMOR VA pada DAFTAR REKENING TUJUAN Favorit, setelah itu ikuti panduan pada poin 5.B
  5. A. Masukkan NOMOR VA untuk PENDAFTARAN VA baru, pilih Ajukan. Setelah itu ikuti panduan 5.B
    B. Pastikan kebenaran data yang tertera pada layar. Masukkan mPIN untuk mengkonfirmasi pembayaran, pilih KONFIRMASI. Tunggu sampai layar menunjukkan konfirmasi ‘Transaksi Berhasil’. Selesai.

Jadwal Masuk

  1. Mahasiswa UMY yang sudah terdaftar sebagai penghuni Unires Tahun Akademik 2023-2024 dipersilakan untuk menempati Unires mulai 27 Agustus sampai dengan 10 September 2023*.
  2. Masa Ta’aruf Unires UMY dilaksanakan pada 18 September sampai dengan 24 September 2023.
  3. Ramah tamah/Silaturahmi Orang Tua/Wali Residen dilaksanakan pada 23 September 2023 (Online)*.
  4. Kunci kamar dapat diambil di panitia Penmaru Unires yang bertempat di:
    Putri : Unires Putri (Gedung Y)
    Putra : Unires Putra (Gedung M)
    Pengambilan kunci dengan menunjukkan Kartu Identitas (KTM / KTP).
  5. Bagi mahasiswa yang sudah mendapatkan kunci kamar, dipersilakan untuk memeriksa daftar dan kondisi fasilitas kamar.
  6. Program Pembinaan Semester Ganjil dilaksanakan pada 25 September 2023 sampai dengan 13 Januari 2024.

*Jika terjadi perubahan jadwal, akan diperbaharui pada laman ini dan atau melalui media sosial kami.

PANDUAN PEMBAYARAN

terkini

Mohon maaf..

Brosur belum tersedia untuk sementara waktu.