Wujud Konsistensi dalam Pengabdian Masyarakat, Unires UMY Kembali Menerjunkan Mahasiswa dalam Mubaligh Hijrah 1445 H

Muballigh Hijrah merupakan salah satu program sosial yang dilaksanakan pada bulan ramadhan setiap tahun akademik Unires UMY, tidak terkecuali pada tahun 1445 ini yang berawal dari 11 Maret 2024, sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024. Tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Unires menugaskan segenap residen berserta tim pembinaan dengan jumlah personil tidak kurang dari 250 mahasiswa yang tersebar ke 28 masjid dan musholla di wilayah kampus UMY dan sekitarnya. Adapun, secara teknis, pelaksanaan program ini berfokus pada 20 hari awal dalam bulang ramadhan. Terdapat beberapa agenda monitoring reguler yang dilakukan oleh staf Unires berserta tim pembinaan inti dalam mubaling hijrah ini untuk setiap lokasi penerjunan, sehingga kendala-kendala yang mungkin muncul akan dapat segera ditangani.

Beberapa program dalam muballigh hijrah kali ini yang disiapkan oleh Unires, selaku penyelenggara. Pertama, mahasiswa yang bertugas membantu kegiatan-kegiatan ramadhan utama seperti pengajian dan shalat tarawih dengan terlibat secara langsung, baik sebagai pembawa acara, pemateri kajian, muazin, maupun imam shalat. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lokasi penerjunan. Selanjutnya, Unires juga menugaskan para mahasiswa untuk aktif mendampingi jama’ah masjid atau musholla dalam agenda qiroatul qur’an selepas shalat tarawih, bahkan jika memungkinkan ditingkatkan kepada menghafal ataupun tadarrus Al-Qur’an dengan memahami ayat yang dibaca. Ketiga, mahasiswa juga didorong untuk mengambil peran pada kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), khususnya bagi anak-anak di sekitar lokasi, termasuk dalam perintisan TPA jika belum ada. Pada 10 hari terakhir bulan ramadhan, seluruh peserta dibebastugaskan dan mendapatkan amanah untuk melakukan pengabdian di rumah atau kampung halaman masing-masing. Seluruh kegiatan pengabdian selama bulan ramadhan ini harus dilaporkan oleh mahasiswa kepada Unires dan menjadi salah satu faktor nilai akhir kelulusan dalam program pembinaan di Unires.

Sebelum penerjunan, Unires menyelenggarakan pembekalan khusus bagi peserta mubaligh hijrah ini. Tepatnya pada Ahad, 3 Maret 2024, bertempat di Unires Putri UMY, pembekalan tersebut digelar. Selain pengarahan terkait teknis di lapangan saat program dijalankan, beberapa materi disampaikan oleh para ahli yang berpengalaman dalam bidangnya, sesuai dengan program yang direncanakan pada muballigh hijrah ini. Masih dalam tahap persiapan, terdapat forum terpisah bersama para pengelola masjid dan musholla lokasi penerjunan sebagai sarana sosialisasi serta koordinasi baik secara teknis maupun non-teknis, sebelumnya, pada Selasa, 27 Februari 2024. Kedua acara tersebut tentunya menjadikan kesiapan yang matang dari pelaksanaan muballigh hijarah ini.

Diharapkan dengan pengalaman ini, mahasiswa, khususnya residen yang belum genap 1 tahun studi, dapat memperoleh banyak pengalaman sebagai modal untuk berperan dalam dakwah di masyarakat kedepannya. Adapun, sebagai misi utama, masyarakat di sekitar lokasi dapat menerima manfaat dan kebaikan dari apa yang diberikan oleh Unires melalui Mubaligh Hijrah ini, begitupun di tahun-tahun berikutnya. Hal ini sejalan dengan salah satu hadist Rasulullah SAW.,

خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ

yang artinya: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”. (Hadits Riwayat ath-Thabrani, Al-Mu’jam al-Ausath, juz VII, hal. 58, dari Jabir bin Abdullah r.a.. Dishahihkan Muhammad Nashiruddin al-Albani dalam kitab: As-Silsilah Ash-Shahîhah)

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522