(0274) 434 2522

Telepon Kantor

unires.umy@gmail.com

Email Unires

Senin - Sabtu

Jam Kantor

Tentang Kami

Kenali Kami Lebih Jauh

Sejarah Unires UMY

University Residence Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (selanjutnya disingkat Unires) adalah sebuah hunian atau asrama mahasiswa UMY. Keberadaan Unires ini berawal dari keinginan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk memiliki asrama mahasiswa yang representatif bagi pembinaan mahasiswa. Tujuannya adalah memberi pembinaan kepribadian dan keislaman bagi mahasiswa UMY. Ternyata gayung bersambut, keinginan tersebut mendapat sambutan dari program pemerintah yang memberi hibah Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) kepada universitas swasta sebagai tempat hunian bagi mahasiswa.

UMY mendapat tiga twin blok Rusunawa secara desain dan teknis dirubah menjadui cross blok dengan dana pendampingan internal. Satu gedung ditempatkan di sebelah utara kampus dan dua lainnya sebelah selatan. Kemudian Rusunawa dengan nama Unires ini diresmikan oleh menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia pada tanggal 29 Februari 2008.

Unires digunakan sejak diresmikan dengan uji coba program selama satu semester dan hanya pada mahasiswi (Putri). Setelah itu resmi digunakan untuk mahasiswa satu gedung di utara dan mahasiwi di dua gedung selatan. Setiap tahunnya Unires melahirkan sekitar 300 mahasiwa.

VISI

Menjadi ruang pembelajaran yang berkualitas bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta agar menjadi sarjana yang berkarakter, mampu mengembangkan diri dan menjadi kader pemimpin Islam masa depan.

MISI

  • Mengadakan pendidikan kepribadian kepada mahasiswa dengan cara meningkatkan pemahaman dan pengalaman Islam yang berkemajuan
  • Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris dan Arab
khutbah
mentoring

Tujuan

Membentuk kader pemimpin umat yang bertaqwa kepada Allah SWT., berkepribadian Islam dan mampu mengembangkan diri dalam kehidupan nyata demi terciptanya masyarakat utama yang dicita-citakan Islam dan Muhammadiyah.

Materi Program

Program dilaksanakan selama satu tahun dengan orientasi pokok, pembentukan kepribadian dan peningkatan keterampilan Bahasa Arab dan Inggris.

1. Pembentukan Kepribadian Islam

Kegiatan ini berupa kajian intensif, pelatihan dan pembiasaan. Indikator keberhasilan program ini adalah kemampuan baca-tulis al-Qur’an, berdakwah, beribadah dengan benar dan tertanamnya kebiasaan hidup Islami seperti motivasi dan perilaku ibadah, kebersihan, disiplin, aktifitas sosial, kebersamaan, toleransi dan lain-lain.

2. Peningkatan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris

Program peningkatan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan budaya ilmiah dan akademik mahasiswa sekaligus diharapkan dapat mengembangikan karirnya. Peningkatan bahasa ini difokuskan kepada kemampuan berbicara aktif dan bersifat komplementer dengan pembelajaran bahasa di kampus .

Program peningkatan bahasa asing seperti ini dapat terlaksana dengan baik dan intensif karena dilaksanakan dalam sebuah miliu yang kondusif dan kontinue, yaitu di asrama. Di asrama, kegiatan dapat dilaksanakan secara terprogram, terkontrol dan terpimpin dalam lingkungan yang kondusif.

Mengapa Kuliah di UMY?
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan institusi perkuliahan yang Unggul dan Islami dan telah dilengkapi dengan sistem perkuliahan yang berkemajuan dan bertaraf internasional untuk menunjang masa depan Anda, serta kehidupan kampus yang telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman.
Click Here
Kenapa Mahasiswa UMY Harus Tinggal di UNIRES?
Karena Sebaik-baiknya mahasiswa adalah mahasiswa UMY, dan Sebaik-baiknya Mahasiswa UMY adalah yang tinggal di UNRES.
Click Here
Previous
Next

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522