Unires Report: Baitul Arqom Residen 2023

Bulan Oktober menjadi awal bagi Divisi Kepemimpinan dan Pengkaderan LPPI UMY (Unires) untuk memberikan suplemen wawasan dan keilmuan seluruh mahasiswa baru yang menjalani pembinaan di asrama. Adalah penguatan pemahaman atas pengamalan Islam, khususnya dalam cara pandang Muhammadiyah, dijadikan fokus utama dari kegiatan pembekalan yang dilaksanakan dengan format Baitul Arqom.

Unires menyelenggarakan agenda ini dengan sistem batch atau gelombang. Setiap gelombang mendapatkan alokasi waktu lebih kurang 3 hari dalam satu pekan, yaitu Jum’at, Sabtu dan Ahad. Gelombang peserta terdiri dari residen yang tinggal dalam 1 lantai hunian. Dengan demikian, terdapat 5 gelombang yang terdiri dari 2 lantai untuk residen putra dan 3 lantai untuk residen putri. Adapun selama bulan Oktober, terselenggara 2 gelombang Baitul Arqom dengan pelaksaan kelompok pertama residen putra dan putri secara berututan.

Secara teknis, kegiatan Baitul Arqom Residen ini menghadirkan beberapa acara yang cukup bervariasi. Selain materi serupa kelas kuliah dengan fasilitator dari dosen-dosen kampus, diagendakan juga olahraga dan outbond. Adapun yang menjadi hal yang istimewa adalah acara nobar(nonton bareng) film Sang Pencerah serta kunjungan langsung ke Museum Muhammadiyah di Kampus UAD. Dengan demikian, tingkat kejenuhan peserta dapat diminimalkan, sehingga partisipasi kegiatan menjadi lebih optimal dan output yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522