Pembukaan Program Pembinaan dan Masa Ta’aruf Unires 2023

Alhamdulillah, kegiatan tahunan untuk menyambut resident baru Unires telah dilaksanakan dengan mengusung tema “Advance Together Toward a Glorios Future” yang dilaksanakan pada hari Senin, 18 September 2023. Berbeda dengan 2 tahun sebelumnya, kegiatan Mataf tahun ini dilaksanakan secara offline seperti yang dilaksanakan pada tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Muhammad Faris Al-Fadhat, S.IP., M.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Alumni AIK, Ustadz Muhammad Khaeruddin Hamsin, Lc., LL.M., Ph.D. selaku Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, Ustadz Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag selaku Kepala Divisi Kepemimpinan dan Kaderisasi (Unires), Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A. selaku Kepala Program Unires, 47 mahasiswa selaku Tim Pembinaan Unires, serta sekitar 200 lebih mahasiswa baru dari berbagai fakultas.

Kegiatan pembukaan program ini dimulai sekitar pukul 19.30 WIB dengan dipandu oleh dua MC yang merupakan tim pembinaan Unires yaitu saudari Karina dan saudari Fiki. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Saudara Lukman Al Hakim. Untuk sesi selanjutnya yaitu penyambutan pertama, disampaikan oleh Saudara Ditya Dwi Edy Setiawan Aulia dan Wardah Nabilah selaku Ketua Mataf Unires 2023. Untuk sesi sambutan kedua disampaikan oleh Ustadz Muhsin Hariyanto, beliau menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan program Unires terdiri dari program klasikal, mentoring, dan pembiasaan. Adapun materi yang disampaikan pada program tersebut terfokus pada tiga kategori utama, yaitu peningkatan bahasa, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, serta leadership dan pengkaderan.

Selain ketiga kategori utama tersebut, ada juga kegiatan perminggu yang wajib dilakukan disetiap lantai/usroh seperti tahfidz, tahsin, mentoring ibadah, dan bahasa Inggris yang disampaikan langsung oleh masing-masing SR dan ASR dari usroh tersebut. Yang tidak kalah menarik, beliau menyampaikan bahwa unires juga memiliki program konseling yang berisi pelayanan konseling dan penyampaian materi psikologi.

Sambutan ketiga disampaikan oleh Ustadz Muhammad Khaeruddin Hamsin yang menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa yang berada dibawah naungan Unires merupakan suatu hal yang perlu disyukuri. Karena perlu diketahui sebanyak 5.000 lebih mahasiswa baru UMY di luar Unires tidak berkesempatan untuk mendapatkan program pembinaan yang lebih intens daripada mahasiswa baru yang tinggal di Unires. Beliau berharap mahasiswa yang menjadi residen Unires menjadi mahasiswa unggulan.

Dilanjutkan sambutan keempat sekaligus membuka secara resmi Program Pembinaan dan Masa Ta’aruf Unires 2023 yang disampaikan oleh Bapak Faris Al-Fadhat S.IP., M.A., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa ada tiga kunci kesuksesan yang bisa di terapkan selama berkuliah. Pertama,  yaitu find your own treasure, temukan harta karunmu sendiri. Maksud dari harta karun disini adalah potensi atau kemampuan diri kita. Menemukan potensi diri merupakan hal yang sangat penting karena dari itu kita bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang kita ambil untuk mengantar kita ke gerbang kesuksesan, tutur beliau. Kedua, plan your future, rencanakan masa depanmu. Sebagaimana yang disampaikan beliau sebelumnya, setelah mengetahui potensi kita, kita perlu menyusun planning atau rencana apa yang akan kita ambil kedepannya, jangan sampai kita tidak tahu mau kemana yang akhirnya membuat kita menjadi tersesat sendiri. Yang ketiga, start with small changes, mulailah dengan perubahan kecil. Ini juga merupakan hal yang sangat penting, karena percuma saja kita telah mengetahui potensi diri kita dan telah memiliki planning yang sudah baik namun tidak melakukan perubahan sedikitpun, hanya diam disitu saja. Bagaimana bisa kita mencapai kesuksesan jika tidak melakukan perubahan sedikit demi sedikit.

Selain ketiga hal tersebut, Bapak Faris Al-Fadhat juga menyampaikan bahwa ada satu hal yang paling penting untuk bisa meraih kesuksesan, yaitu dengan membentuk karakter yang baik atau noble character. Karakter yang baik harus dibentuk sejak awal, didukung oleh lingkungan, dan harus dipaksa agar terbiasa. Jadi teman-teman yang saat ini telah diterima di Unires hendaklah bersyukur karena memiliki lingkungan yang in sya Allah baik sehingga dapat membantu membentuk karakter yang Unggul dan Islami sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits.

Sekilas apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Alumni AIK diharapkan menjadi bekal untuk teman-teman residen Unires selama menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan juga di Unires. Sehingga segala harapan dan cita-cita bisa tergapai.

Kegiatan ditutup dengan penayangan video Mataf Unires 2021 dan video pembukaan Mataf Unires 2022. Setelah penutupan, seluruh residen diarahkan untuk foto bersama tiap usroh bersama dengan SR dan ASR-nya masing-masing.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522