Unires Report: Pembukaan Program Pembinaan dan Masa Ta’aruf Unires 2023

Senin, 18 September 2023, mengawali serangkaian program pembinaan mahasiswa, Unires telah melaksanakan kegiatan Pembukaan Program Pembinaan dan Masa Ta’aruf Asrama Mahasiswa. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Muhammad Faris Al-Fadhat, S.IP., M.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Alumni AIK, Ustadz Muhammad Khaeruddin Hamsin, Lc., LL.M., Ph.D. selaku Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI UMY), Ustadz Dr. Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum. selaku salah satu Kepala Divisi LPPI UMY, Ustadz Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag selaku Kepala Divisi Kepemimpinan dan Kaderisasi (Unires UMY), Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A. selaku Kepala Program Unires, 46 personel Tim Pembinaan Unires, 25 thalabah PUTM, serta 262 mahasiswa baru (residen) dari berbagai fakultas.

Dipandu oleh 2 personel tim pembinaan selaku MC yang menggunakan 3 bahasa (Arab, Indonesia dan Inggris), acara dimulai sekitar pukul 19.30 WIB dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Sdr. Lukman Al Hakim, salah satu ASR Unires.

Setelah menyanyikan Mars Muhammadiyah dan Hymne Unires, acara dilanjutkan dengan pelantikan tim pembinaan baru Unires untuk tahun akademik 2023/2024 yang dipandu oleh Ustadzah Nikmatus Saidah, S.Kom.I., M.Psi. Melantik segenap tim pembinaan, Ustadz Muhsin Hariyanto memberikan beberapa pertanyaan terkait kesanggupan dalam membina mahasiswa baru Unires (residen), termasuk kesiapan menjadi uswah atau teladan bagi residen.

Sebelumnya beliau juga menekankan beberapa hal terkait janji ini. Pertama, janji yang diucapkan bukan hanya untuk manusia tapi juga untuk Allah. Janji ini termasuk dalam proses pembinaan dan untuk keteladanan. Terakhir, janji yang diberikan adalah yang terbaik. Peserta kemudian berikrar atas komitmen dan kesanggupannya yang diawali dengan syahadatain.

Selanjutnya, anggota tim pembinaan, Sdr. Ditya dan Sdri. Wardah selaku Ketua Mataf Unires 2023 menyampaikan sambutan. Sambutan kedua disampaikan oleh Ustadz Muhsin Hariyanto. Selain mengucapkan sugeng rawuh kepada seluruh residen, beliau berharap kedatangan mereka membawa sesuatu yang terbaik dan semoga semua kegiatan yang dilakukan selama mengikuti pembinaan di Unires dapat membuahkan kebermaanfaatan fiddunyaa wal aakhirah. Beliau juga mendoakan agar nantinya para residen bisa menjadi lebih baik dari alumni-alumni Unires dan UMY yang telah berprestasi.

Sambutan ketiga disampaikan oleh Ustadz Muhammad Khaeruddin Hamsin yang memberikan ucapan selamat kepada tim pembinaan yang telah dilantik dan residen yang telah diterima di Unires. Beliau juga menyampaikan bahwa terdapat perencaan kedepan di mana residen akan diantarkan oleh Unires menjadi senior dari mahasiswa baru yang akan datang. Hal ini berkaitan erat dengan program khusus mahasiwa baru non-Unires dari LPPI yang berupa Pendampingan Agama Islam. Adapun disampaikan juga oleh Ustadz Khoiruddin Hamsin bahwa banyak kegiatan LPPI yang tidak dibebankan kepada residen dikarenakan apa yang dikerjakan di Unires sudah melampaui pencapaian dari program-program tersebut.

Agenda selanjutnya, Pembukaan Program dan Mataf oleh Bapak Faris Al-Fadhat. Kepada 2 orang perwakilan residen putra dan putri, beliau memberikan almamater Unires secara simbolis.

Selanjutnya, dipandu oleh salah satu pembina Unires Putra selaku moderator, Ustadz Ibnu Syakur Al-Sya’bani, acara utama yaitu Kuliah Umum dari Bapak Faris Al-Fadhat. Sekilas tentang apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan Alumni dan AIK tersebut, penulisan atas perencanaan aksi dari hal-hal kecil untuk mimpi atau cita-cita kita di dunia menjadi hal yang sangat fundamental untuk kesuksesan, khususnya dalam menempuh masa perkuliahan di kampus selama lebih kurang 4 tahun. Sebab dengan penulisan sekaligus pemikiran tersebut, selain menjadi doa kepada Allah yang pasti mendapatkan ijabah, kita akan takjub saat melihat hasilnya di masa depan yang ternyata dapat melampaui apa yang kita telah tuliskan. Beliau menyimpulkan bahwa terdapat 4 hal penting dalam meraih kesuksesan, yaitu find your own treasure (menemukan impian), plan your own future, start with small changes dan noble characters (akhlak mulai) are the key. Beliau menekankan bahwa ketika kita memiliki keempat hal tersebut, yakinlah kita akan menjadi apa yang kita inginkan bahkan lebih dari itu.

Kegiatan ini diakhiri dengan penayangan video Mataf Unires 2022 dan video pembukaan Mataf Unires 2023. Setelah penutupan, seluruh residen dipersilakan untuk berfoto tiap usroh bersama dengan SR dan ASR nya masing-masing.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522