Unires Report: Silaturahim Tholabah PUTM dengan Staf Unires UMY

Kamis, 14 September 2023, Divisi Pengkaderan dan Kepemimpinan LPPI UMY (Unires UMY) mengadakan acara pertemuan khusus dalam rangka orientasi dan perkenalan tholabah dari Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) terhadap civitas akademik serta lingkungan di asrama. Acara ini dihadiri oleh seluruh tholabah yang akan menjalani studi di UMY selama 1 tahun akademik sekaligus tinggal dan mendapatkan pembinaan khusus dari Unires. Adapun dari pihak tuan rumah, hadir seluruh tim pembinaan putra dan putri bersama staf-staf Unires.

Dipandu secara langsung oleh Ustadz Mahfud Khorul Amin, S.I.P., M.A., Wakil Kepala Unires Bidang Program, acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan sambutan dari Kepala Unires, Ustadz Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag. Selain memberikan ucapan selamat datang, beliau menyampaikan secara khusus terkait dengan proses panjang yang penuh dengan kesabaran untuk menjadi seorang ulama. Beliau menekankan bahwa upaya yang terbaik akan membuahkan hasil yang terbaik.  Dalam hal ini, beberapa faktor ikut berperan, termasuk input dan proses terbaik yang menghasilkan output yang juga terbaik. Ustadz Muhsin mengilustrasikan dengan pengalaman beliau belajar Bahasa Arab dengan lebih dalam dan secara intensif dari seorang kiai pakar di Jogja, di samping beliau menyelesaikan sekolah formal di madrasah mu’allimin. Beliau menambahkan bahwa sesuatu yang sulit akan mudah jika terbiasa. Adapun bisa atau biasa dapat diperoleh dari keterpaksaan karena keadaan disertai dengan kemauan.

Di akhir sambutannya, Ustadz Muhsin menyampaikan bahwasannya di Unires kita belajar dan diuji untuk menuangkan gagasan dalam bentuk lisan dan tulisan. Menurut beliau, belajar  di Unires dan kampus UMY adalah sekaligus dengan mengajar, tanpa terpaut dengan status atau jabatan, serta belajar dari siapapun dan apapun.
Beliau mengingatkan bahwa kompetensi jauh lebih penting dari ijazah, alumni PUTM sudah memiliki penguasaan ilmu di bidang agama islam dari segi wawasan maupun metodologi, sehingga banyak yang mendapatkan hasil cumlaude saat lulus dari studi di UMY.

Ustadz Muhsin menutup sambutan beliau dengan mengingatkan pada para tholabah untuk senantiasa bersyukur, khususnya dalam hal tinggal di Unires dengan segala keterbatasan dari segi sarana maupun prasarana. Beliau juga mengutip bagian dari Qur’an Surat Ibrahim ayat ke-7 yang berlafal: “لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ“.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan perkenalan dari pihak Unires yang mencakup struktur organisasi dan jajaran staf serta tim pembinaan. Kemudian kesempatan perkenalan diberikan kepada setiap tholabah PUTM baik putra maupun putri dengan memberikan informasi berupa nama, panggilan, asal daerah dan asal sekolah menengah masing-masing.

Melanjutkan acara, Ustadz Mahfud memberikan beberapa informasi penting tentang Unires dan hal-hal terkait status tholabah PUTM di asrama. Informasi awal yang disampaikan terdiri dari lokasi dan penguni asrama. Selanjutnya beliau menyampaikan kedudukan, hak dan kewajiban tholabah PUTM di Unires. Di akhir acara, terdapat sesi tanya jawab di mana terdapat pertanyaan seputar teknis perizinan keluar asrama dan pengambilan paket di pos sekuriti.

Sebelum menutup acara, Ustadz Mahfud mengingkatkan kembali bahwa diperlukan fokus dari para tholabah untuk bisa lulus cepat sesuai target, yaitu 2 semester, sehingga selesainya keikutsertaan dalam program pembinaan di Unires sekaligus menjadi kelulusan di kampus. Adapun beliau juga mengingatkan terkait dengan tugas tholabah khususnya putra untuk aktif dalam shalat berjama’ah di mushola asrama, termasuk penugasan adzan dan imam terutama pada waktu maghrib, isya dan shubuh. Ustadz Mahfud juga menyinggung tentang pemberdayaan tholabah di beberapa program LPPI UMY. Acara ditutup dengan baca’an tahmid yang sebelumnya secara bersama semua yang hadir mengucapkan jargon Unires berbunyi “Pribadi Kece, Prestasi Oke” dipimpin oleh Ustadz Mahfud.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522