Unires Report: Pembekalan Tim Pembinaan Unires 2023

Rabu, 30 Agustus 2023, dalam upaya mematangkan persiapan untuk membina mahasiswa Unires (residen), tahun akademik 2023/2024, Divisi Pengkaderan dan Kepemimpinan Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam UMY (Unires UMY) kembali menyelenggarakan Pembekalan Tim Pembinaan. Kegiatan ini menitikberatkan pada wawasan yang mendalam dan metode praktis berkaitan dengan praktik pembinaan residen dalam setiap aspek program yang dilaksanakan. Termasuk di dalamnya, Mentoring Ibadah, Tahsin Al-Qur’an, Tahfidz, Klasikal Bahasa Inggris, Al-Islam, Leadership, Konseling, bahkan hingga pembiasaan harian.

Bertempat di Meeting Room Gedung U (Unires Putra), pembekalan ini diawali dengan pembukaan sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Bentindak selaku MC, Ustadzah Nikmatus Saidah, S.Kom.I., M.Psi., sementara pembacaan Al-Qur’an diampu oleh salah satu Senior Resident, Sdr. Lukman Al-Hakim. Pada sesi pembuka ini, Ustadz Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag., selaku Kepala Unires, menyampaikan sambutan sekaligus secara resmi membuka acara. Sebelum sambutan beliau, dilaksanakan agenda penandatanganan pakta integritas, sebagai tanda komitmen dan kesungguhan seluruh tim pembinaan Unires yang akan diberikan amanah untuk membina mahasiswa baru yang mengikuti program Unires.

Selepas pembukaan, sesi pertama materi pembekalan dimulai. Difasilitasi secara langsung oleh Wakil Kepala Unires Bagian Program, Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A., dalam sesi ini beliau memberikan penjelasan secara detil tentang tupoksi Tim Pembinaan Unires. Hal ini meliputi stuktur organisasi, standard operating procedure, alur koordinasi dan hak serta kewajiban. Materi ini diakhiri dengan tanya jawab hingga pukul 09.30 WIB dan dilanjutkan dengan coffee break sampai dengan pukul 10.00 WIB di mana sesi Materi Kedua akan dimulai.

Materi Kedua mengambil tema: “Tatacara Sholat sesuai Tarjih dan Mengapa Ada Perbedaan?”. Fasilitator untuk materi ini adalah salah satu dosen Fakultas Agama Islam UMY, Ustadz Asep Setiawan, S.Th.I., M.Ud., dengan moderator Ustadzah Dina Andriana Rumopa, S.Sos, Pembina Unires Putri. Dalam hal ini, diharapkan setiap personil tim pembinaan dapat memahami lebih lanjut tatacara shalat menurut Majelis Tarjih Muhammadiyah serta dapat menyikapi dengan bijak perihal perbedaan praktik yang ada dengan saudara-saudara sesama muslim lainnya. Setelah jeda istirahat sholat dan makan siang pada pukul 11.30 WIB sampai dengan 13.00 WIB, di Materi Ketiga, Bapak Patria Handung Jaya, S.Pd., M.A., salah satu dosen senior di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY, membahas tentang metode mengajar bahasa Inggris dengan fokus pada kemampuan speaking yang ditekankan pembiasaan dan pembelajarannya di Unires. Materi Ketiga dengan moderator salah satu pembina Unires Putri, Ustadzah Rahmatul Linsani, S.I.P ini menjadi penutup untuk pembekalan pada hari ini yang berakhir sekitar pukul 14.30 WIB.

Kamis, 31 Agustus 2023, pukul 08.00 WIB, di lokasi yang sama, yaitu Meeting Room Unires Putra, kegiatan Pembekalan Tim Pembinaan dilanjutkan dengan Materi Keempat dari Ustadz Muh. Burhanuddin, S.H.I. yang dipandu oleh moderator Ustadz Ibnu Syakur Al-Sya’bani, S.Pd, Pembina Unires Putra. Metode mengajar tahsin dijelaskan oleh Ustadz Burhanuddin yang memberikan beberapa rekomendasi atau masukan positif pada upaya peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an untuk residen Unires oleh tim pembinaan yang akan segera bertugas.

Pada pukul 10.00 WIB, setelah jeda coffee break, pembekalan dilanjutkan dengan Materi Kelima. Kali ini, fasilitator pada hari pertama, Ustadz Asep Setiawan, kembali menjadi pemateri untuk sesi ini dengan topik khusus: “Serba-Serbi Sholat”. Pembahasan ini meliputi hal-hal unik yang terkadang terjadi terkait sholat. Salah satu yang menjadi poin bahasan adalah kondisi shalat makmum masbuk shalat fardhu di mana yang dijadikan imam adalah orang yang ternyata sedang shalat sunnah. Adapun moderator pada sesi ini adalah salah satu pembina Unires Putra, Ustadz Abdulloh Bustomi, S.Pd.

Materi terakhir pada kegiatan ini, dilanjutkan pasca istirahat sholat dan makan siang pukul 11.30 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Dipandu oleh Sdri. Alifia Rahma Oktavia sebagai moderator, Pengasuh Unires Putri sekaligus Konselor Unires, Bunda Solikun Nihaya, S.Psi., M.Psi. memberikan penjelasan terkait dengan praktek komunikasi dan konseling sebaya. Beliau menjelaskan best practise dalam komunikasi teman seumuran atau sebaya yang dapat menjadi dorongan positif untuk kehidupan di asrama secara khusus maupun secara umum di kampus. Pihak yang perlu terlibat dalam komunikasi ini tidak hanya tim pembinaan, namun juga seluruh residen. Dengan demikian dari Unires dapat tumbuh benih-benih interaksi dalam kebaikan yang menyeluruh, sehingga dapat memengaruhi sikap dan rekam jejak dari setiap residen di Unires.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522