Akhlak Menjadi Pusat Kehidupan

Dalam kehidupan manusia dikelilingi oleh banyak undang-undang,yang harus dipatuhi. Dalam pandangan Islam Akhlak atau moral diposisikan yang amat sentral artinya menjadi pusat dari semua kehidupan yang sangat berdampak pada diri sendiri, orang lain dan lingkungan, bahkan sampai bisa berpengaruh dengan Negara.

Islam adalah agama sempurna yang mana sudah dikokohkan dgn pondasi-pondasi yang sangat kuat, diantara: syahadat, sholat, zakat, puasa, haji. Seorang muslim bisa dikatakan muslim yang kuat, jika ke 5 pilar/pondasi ini melekat pada jiwanya serta mampu melaksanakan nya. Namun di era modern sekarang ini umat muslim dihadapkan dengan berbagai tantangan. Tantangan tersebut terpusat pada pengendalian kesadaran seorang muslim atas keislamannya.

Pasalnya, di era modern saat ini, banyak hal yang membuat kita terlena menikmati dunia; seperti majunya dunia teknologi dan gadget. Akibat kurangnya kesadaran seorang muslim atas keislamannya, kita sering kali menjumpai orang yang tidak salat, begitu pula puasa yang hanya sekedar menahan makan dan minum tanpa dibarengi menahan syahwat.

Jika sikap-sikap yang ditimbulkan generasi milenial ini dilihat dari ajaran akhlak Islami, maka nampak sebagian dari sikap-sikap tersebut ada yang sejalan dengan ajaran akhlak Islami, dan ada yang tidak sejalan. Sikap suka belajar, bekerja dengan lingkungan inovatif, aktif berkolaborasi, berani mengungkapkan pendapat tanpa ragu dan pandai bersosialisasi adalah sejalan dengan akhlak Islami yang karenanya memerlukan penguatan. Sedangkan sikap menjadi pribadi yang malas, tidak mendalam, serba instan, tidak membumi, cenderung lemah dalam nilai-nilai kebersamaan, nilai-nilai kegiatan gotong royong, nilai-nilai kehangatan lingkungan dan kepedulian sosial, cenderung ke-Barat-baratan, tidak memperhatikan etika dan aturan formal, adat istiadat serta tata krama, menjadi pribadi yang malas, tidak mendalam, tidak membumi termasuk akhlak yang tidak baik. Mari kita berupaya untuk mampu menyadari bahwasanya majunya teknologi, informasi dan gadget bisa kita jadikan ladang untuk mencari wawasan serta pengetahuan tentang Islam, agar kita mampu menjaga pilar-pilar Islam dalam diri seorang muslim.

 

*Artikel merupakan hasil tulisan dari Brenda Aulia Astrica (Usroh Zainab Binti Khuzaimah)

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522