Unires Report: Mubaligh Hijrah Unires UMY 2023

Alhamdulillah telah terlaksana program Mubaligh Hijrah Unires(selanjutnya disebut MH) selama 20 hari yang terbagi ke dalam 25 masjid. Program ini merupakan pendampingan masyarakat pada bulan Ramadan yang bertujuan untuk memberikan dukungan terhadap masjid-masjid serta musholla di wilayah UMY dan sekitarnya dalam upaya menghidupkan juga meramaikan kegiatan positif yang bernilai ibadah. Tahun ini, sebanyak 183 orang ikut serta dalam mubaligh hijrah ini, terdiri dari 68 putra dan 115 putri. Dalam pelaksaannya, program ini terbagi menjadi 3 tahap, yaitu Pra MH, Penerjunan dan Penarikan Peserta.

Pada tahap pertama, Unires menggelar sosialisasi dengan masjid-masjid calon penerima peserta mubaligh hijrah. Bertempat di Unires UMY, acara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan takmir masjid terkait dan panitia mubaligh hijrah. Sebelum menerjunkan para Muballigh ke masyarakat, Unires UMY terlebih dahulu melaksanakan kegiatan pembekalan. Penyampaian materi diberikan dengan harapan para Muballigh lebih siap saat melaksanakan program MH pada Ramadhan 1444 H. Materi pembekalan terdiri dari 3 hal, yaitu manajemen masjid, pelatihan pengajaran TPA, dan teknis pelaksanaan program MH. Adapun perihal tata tertib dan kurikulum TPA disampaikan. Selain dari pihak internal Unires UMY, pemateri dari luar yang sangat qualified dihadirkan dalam pembahasan khusus terkait manajemen masjid dan pengajaran TPA.

Tahap ke-dua, penerjunan peserta, dilaksanakan sejak 21 Maret 2023 sampai dengan 10 April 2023. Mubaligh hijrah mendukung beberapa kegiatan fundamental di masjid selama bulan ramadhan. Pertama, Kegiatan TPA sore yang diselenggarakan secara penuh selama 20 hari Ramadhan. Pasca MH, dengan kontinuitasnya, kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan oleh para pemuda dan remaja masjid setempat. Kegiatan selanjutnya, Pengajian Menjelang Buka Puasa, dilaksanakan secara kondisional. Dalam hal ini bergantung kepada kondisi setiap masjid. Secara prinsip peserta ditugaskan untuk membantu jika terdapat jadwal yang bisa dialokasikan untuk menjadi penceramah. Adapun target kegiatan utama ini adalah jama’ah masjid dan santri TPA.

Kegiatan lainnya, sebagai Imam Shalat, peserta putra secara khusus diberikan tugas untuk menjadi imam baik shalat tarawih maupun shalat fardhu. Hal ini tentunya juga berkoordinasi secara langsung dengan pihak panitia ramadhan dan takmir masjid tempat penerjunan masing-masing peserta. Peserta juga didorong untuk mengaktifkan kegiatan kultum sebelum shalat tarawih. turut serta dalam kegiatan tadarus al-quran.

Kegiatan ke-lima, untuk tadarrus Al-Qur’an, peserta diarahkan untuk tidak sekedar ikut serta bersama jama’ah setiap malam setelah shalat tarawih, namun juga menambahkan unsur tadabbur. Dengan demikian, diharapkan nilai-nilai baik dalam Al-Qur’an dapat tertanam dan diresapi dengan pengetahuan dan pemahaman atas arti serta kandungan di dalamnya. Selain kelima kegiatan tersebut, peserta juga diharapkan untuk berkontribu di kegiatan-kegiatan sosial lain dari masjid penempatan.

Di penghujung program, tepatnya pada tanggal 20 Ramadan, Unires menggelar kegiatan penutupan resmi sekaligus penarikan peserta MH Unires 2023. Pada kegiatan penutupan tersebut diadakan buka bersama seluruh peserta MH. Adapun evaluasi bersama dilaksanakan sehingga program MH di tahun berikutnya menjadi lebih baik.

Semoga kehadiran program MH ini dapat menjadi wadah dalam berdakwah dan mengabdi kepada masyarakat, bahkan dapat menjadi wahana kreatifitas dalam menghidupkan momentum Ramadhan di masjid dan masyarakat sekitar.

 

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522