Public Lecture 2: Meneladani Pola Hidup Sehat Rasulullah ﷺ di Bulan Ramadan

Alhamdulillah Unires telah melaksanakan kegiatan Public Lecture 2 di Aula Lantai Dasar Gedung Y Unires Putri pada Rabu (15/3). Kegiatan tersebut mengangkat tema “Meneladani Pola Hidup Sehat Rasulullah ﷺ di Bulan Ramadan” dengan menghadirkan Ustadz Dr. dr. H. Sagiran, Sp.B(K)KL., M.Kes., FICS sebagai pemateri. Hadir pula Ustadz Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag selaku Kepala Divisi Kepemimpinan dan Kaderisasi (Unires), Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A. selaku Kepala Program Unires, Tim Pembinaan Unires Putra dan Putri, Thalabah PUTM, serta seluruh residen Unires tahun akademik 2022/2023.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB yang dipandu oleh Saudara Ahmad Aulia Amara Al-Ghoni selaku MC. Dibuka dengan kalam ilahi yang dilantunkan oleh Saudara Rizki Ridhani. Kegiatan Public Lecture 2 tahun ini sekaligus menjadi waktu untuk launching aplikasi English Unires  oleh Mr. Titis Wisnu Wijaya, S.Pd., M.Pd dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ust. Muhsin Hariyanto.

Public Lecture 2 dilanjutkan dengan kegiatan inti yang dipandu oleh Saudara Muhammad Mumtazi Aljawi selaku Moderator yaitu Kajian Meneladani Pola Hidup Sehat Rasulullah ﷺ di Bulan Ramadan yang disampaikan oleh Ust. Dr. dr. H. Sagiran, Sp.B(K)KL., M.Kes., FICS. Beliau sudah sangat aktif menjadi pengisi seminar dan telah menerbitkan berbagai buku. Beliau juga Founder Nur Hidayah Group dan seorang Dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

dr. Sagiran menyampaikan bahwa puasa sangat berhubungan dengan konsumsi makanan dan minuman selain dari melakukan berbagai ibadah yang dilipatgandakan pahalanya. Terutama konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang nantinya akan digunakan tubuh sebagai energi. Beliau juga menerangkan mengenai makanan yang baik dikonsumsi ketika sahur yaitu kurma karena ia mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal terpenting yang perlu diperhatikan juga bahwa dalam berbuka puasa ada tahapannya. Dimulai dari konsumsi air dan kurma kemudian makanan berat, namun beliau sangat tidak menganjurkan berbuka puasa dengan makanan yang tinggi lemak. Selain itu, beliau banyak menerangkan mengenai Sunnah atau kebiasaan Rasulullah ﷺ ketika berpuasa, fakta kesehatan dalam gerakan sholat, hingga tilawah Al-Qur’an yang memberikan pengaruh baik bagi kesehatan.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan kesempatan tiga pertanyaan. Salah satu residen menanyakan mengenai tips terhindar dari kegemukan meskipun banyak makan. Beliau menjawab bahwa kita sangat dianjurkan untuk melakukan body building atau membentuk otot-otot tubuh sebab energi yang dihasilkan makanan akan langsung digunakan oleh otot sehingga tidak tersimpan sebagai lemak. Kemudian kegiatan ditutup pukul 21.30 WIB.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522