Public Lecture 1 Unires UMY Tahun Akademik 2022/2023

Alhamdulillah, Unires kembali mengadakan kegiatan Public Lecture Pertama untuk tahun akademik 2022/2023 pada hari Kamis kemarin (22/12) dengan mengangkat tema “Menjadi Pribadi yang Cinta Al-Qur’an”. Kegiatan ini rutin diadakan setiap satu semester sekali sebagai tambahan pembekalan kepada seluruh residen sekaligus menjadi kegiatan Wisuda Tahfidz bagi residen yang telah menyelesaikan target hafalan di semester pertama. Dihadiri oleh kurang lebih 200 residen yang terdiri dari berbagai fakultas, 25 thalabah PUTM, dan seluruh Tim Pembinaan Unires Putra dan Putri. Dengan menghadirkan Mudir PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta, Ust. H. Charis Thohari Rohman, S.Th.I., M.S.I., Al-Hafidz selaku pemateri sebagaimana tema Public Lecture kali ini. Dihadiri pula oleh Bapak Muhammad Faris Al-Fadhat, S.IP., M.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Alumni AIK, Ustadz Muhammad Khaeruddin Hamsin, Lc., LL.M., Ph.D. selaku Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, Ustadz Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag selaku Kepala Divisi Kepemimpinan dan Kaderisasi (Unires), dan Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A. selaku Kepala Program Unires.

Sebelum memulai Public Lecture, seluruh residen mendapatkan pembagian 3 buku sebagai hadiah dari Ust. Adi Hidayat mengenai Metode At-Taisir 30 Hari Hafal Alquran. Lalu kegiatan dimulai pukul 19.30 WIB yang dibuka oleh Saudari Isna Raisa dan Kunniatu Zahra Firdausi selaku MC. Diawali dengan sambutan oleh Ust. Muhsin yang menyampaikan pada 3 bulanan ini sudah terdapat 52 residen putra dan 99 residen putri yang telah menyelesaikan target hafalan Unires, sekitar 60 persen dari seluruh residen Unires telah diwisuda tahfidz. Beliau juga memberikan semangat kepada residen yang belum selesai agar diharapkan dapat mengikuti wisuda tahfidz pada semester kedua. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ust. Hamsin yang menyampaikan harapan agar tiap residen nantinya dapat menambah hafalan satu juz setiap tahunnya. Diakhiri dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Faris yang menyampaikan bahwa hafalan Al-Qur’an itu seperti iman yang dapat naik atau turun, bertambah ataupun berkurang, bertambah bila sering dimuraja’ah dan akan berkurang apabila jarang diulang-ulang. Beliau juga menyampaikan harapan bagi residen yang mendapatkan beasiswa tahfidz di kampus agar menjadi pemimpin bagi teman-temannya terutama dalam menghafal Al-Qur’an, berbagi tips mengenai cara menghafal, bahkan saling memotivasi kepada residen yang baru saja memulai hafalan Al-Qur’an.

Public Lecture dilanjutkan dengan kegiatan Wisuda Tahfidz kepada sekitar 60 persen dari total sekitar 240 residen putra dan putri. Kemudian penyampaian materi mengenai “Menjadi Pribadi yang Cinta Al-Qur’an” yang dibawakan oleh Ust. H. Charis Thohari selama kurang lebih setengah jam dan menyampaikan tips-tips dalam menghafal Al-Qur’an. Kegiatan diakhiri dengan sesi pemberian penghargaan kepada Residen Terbaik, Usroh Terbaik, Kegiatan Unires Putra dan Putri yang terbaik seperti Pembicara (Kultum), Nilai Ujian Bahasa, Mading, Penulisan Esai, dan kompetisi yang diadakan oleh Tim Pubdok Unires mengenai Video Reels dengan tema “Everything About Unires”.

Public Lecture diakhiri dengan kegiatan foto bersama setiap usroh dengan SR dan ASR nya masing-masing. Serta foto bebas oleh residen yang ingin mengabadikan momen wisudanya dan momen satu semester sekali mendengarkan perkuliahan umum.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522