Unires Report: Baitul Arqam Residen 2022

Sebagai salah satu program Divisi Pengkaderan dan Kepemimpinan dari Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Unires UMY menyelenggarakan Baitul Arqam setiap tahunnya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjang aspek spiritual dan intelektual civitas akademik Unires. Di samping itu, hal ini dapat dikatakan menjadi booster bagi kelangsungan program pembinaan di Unires yang sejalan dengan visi dan misi Muhammadiyah dikarenakan Baitul Arqom sebagai sarana penguatan ideologi.
Adapun secara khusus, pada Oktober sampai dengan November 2022, agenda ini dikhususkan bagi seluruh residen(mahasiswa yang tinggal dan mengikuti program pembinaan di Unires).
Kegiatan ini berjalan secara bertahap secara bergiliran yang dibagi menjadi beberapa batch berdasarkan lantai hunian. Pada periode awal, pelaksanaan difokuskan kepada peserta putri. Kemudian dengan selesainya program untuk Unires Putri, Baitul Arqam untuk peserta putra dimulai.
Terdapat beberapa acara yang cukup bervariatif dalam pelaksanaan kegiatan ini. Selain penyampaian materi dan diskusi dengan format kelas layaknya kuliah di kampus, panitia juga memberikan sesi-sesi penyegaran jasmani yang berupa olahraga dalam bentuk senam dan permainan-permainan. Terdapat juga alokasi waktu untuk penyegaran rohani dan mental berupa kelas renungan dan motivasi.
Dari sisi narasumber, Unires menghadirkan pemateri-pemateri yang telah sangat berpengalaman dan berperan penting di organisasi Muhammadiyah baik secara akademik maupun sosial. Salah satunya ayahanda Muhammad Sayuti, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. yang menjadi aktifis Muhammadiyah sejak muda dan saat ini menjabat sebagai sekretaris Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD. Setiap grup residen dalam pelaksaan program ini mendapatkan kesempatan untuk menyimak penyampaian materi dan wajangan dari beliau dan berdiskusi dengan beliau.
Alhamdulillaah, setiap acara dapat berjalan dengan baik tanpa kendala yang signifikan. Meskipun demikian, evaluasi selalu dilakukan demi pelaksaan yang lebih baik kedepannya.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522