Unires Forum Pertama: Perkembangan Islam dan Muhammadiyah di Amerika

Alhamdulillah Unires kembali mengadakan agenda rutin Unires Forum Pertama di tahun akademik 2022/2023. Kegiatan tersebut dikhususkan bagi Tim Pembinaan Unires Putra dan Putri yang diadakan pada hari Jum’at, 25 November 2022 yang bertempat di Meeting Room Unires Putra UMY. Unires Forum kali ini mengangkat tema “Perkembangan Islam dan Muhammadiyah di Amerika” yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Rofiq Mudzakir, Lc., M.A., Ph.D. selaku Dosen HI UMY dan Ketua PCIM Amerika. Dihadiri pula oleh Ustadz Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag. selaku Kepala Divisi Kepemimpinan dan Kaderisasi (Unires), Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A. selaku Kepala Program Unires, serta 46 mahasiswa selaku Tim Pembinaan Unires. 

Unires Forum dimulai sekitar pukul 18.00 WIB yang dipandu oleh Ustadz Mahfud Khoirul Amin selaku moderator dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Saudara Ferdi Danu Putra. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Ustadz Muhammad Rofiq Mudzakir mengawali penyampaian materi dengan memberikan penjelasan mengenai sejarah masuknya Islam di Amerika dimana Islam datang melalui jalur perbudakan. Setelah Amerika membuka lebar jalur imigrasi, mulailah semakin banyak orang Islam datang untuk tinggal di Amerika. Selain itu, Islam juga masuk melalui jalur pendidikan sehingga semakin berkembanglah Islam dengan cara yang rahmatan lil ‘alamin dan menjadi agama terbesar ketiga di Amerika. Beliaupun menyampaikan bahwa potensi Islam untuk berkembang sangat besar disebabkan oleh negeri Paman Sam itu sangat mengunggulkan kebebasan bagi rakyatnya. Kebebasan di negeri itu tidak mencapai hilangnya rasa saling menghormati agama lain sehingga tidak ada pembuatan karikatur Nabi karena mereka adalah masyarakat beragama yang baik. Meskipun Islam sangat berpotensi untuk berkembang, tantangan dakwah disana begitu berat terutama dari pemikiran Islamophobia. Dimana Islamophobia ini benar-benar terstruktur dan terorganisir bahkan memiliki orang yang bergerak dibidang pemikir pergerakan, pemberi dana, dan gerakannya yang sistematis. 

Pemerintah Federal Amerika mencatatkan Muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat yang sah dan resmi di bawah perlindungan peraturan pemerintah Amerika pada tanggal 20 Desember 2019 dengan nama Muhammadiyah USA Incorporated. Kemudian sejak 2022 menjadi organisasi bebas pajak pemerintah hingga donasi yang diadakan oleh organisasi termasuk ke dalam pembayaran pajak rakyat kepada pemerintah. Di setiap bulan Ramadan, PCIM Amerika selalu mengadakan fundraising event untuk pembayaran zakat bagi umat muslim Amerika.

Unires Forum diakhiri dengan sesi tanya jawab dimana ada yang bertanya apakah kepengurusan atau kegiatan keagamaan terutama Islam di Amerika itu dipersulit? Ustadz Rofiq menjelaskan bahwa Amerika tidak mempersulit kegiatan keagamaan karena mereka benar-benar memiliki nilai terpenting dalam hidup bermasyarakat dan bernegara yaitu freedom (kebebasan). Lalu bagaimana PCIM Amerika menjaga generasinya dari pemikiran kebebasan disana? Ini adalah poin yang masih menjadi PR bagi PCIM Amerika karena apabila keluarga muslim itu sudah tinggal disana sejak lama dan mengawali hidupnya dengan mencari hidup yang mapan boleh jadi anaknya kurang mendapat perhatian sehingga sudah terlanjur hidup dengan cara hidup masyarakat yang liberal. Pertanyaan penting yang disampaikan oleh Tim Pembinaan yaitu siapa sasaran dakwah PCIM Amerika? Beliau menyampaikan secara institusional objek dakwahnya masih diaspora Indonesia yang tinggal atau menetap di Amerika namun PCIM memberikan kesempatan kepada masyarakat muslim Amerika yang mau belajar mengaji, melatih Bahasa Arab bagi pendakwah muslim Amerika, dan secara personal sasaran dakwahnya adalah orang Amerika. Dan beberapa pertanyaan menarik lainnya juga turut diajukan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522