Unires Report: Studi Banding dari Perguruan Tinggi Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz

Sabtu, 15 Oktober 2022, Unires kedatangan tamu dari Perguruan Tinggi Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta (selanjutnya disebut Perguruan Tinggi Bin Baz). Selain sebagai dalam rangka silaturahim, kunjungan ini secara khusus dimaksudkan untuk berbagi pengalaman Unires yang lebih kurang 15 tahun telah berkiprah dalam pembinaan mahasiswa. Adapun kegiatan ini diselenggarakan secara formal di Meeting Room Unires Putra dengan format presentasi dan diskusi.

Acara dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, beberapa saat setelah tamu dari Bin Baz memasuki ruangan pertemuan. Bentindak sebagai MC, Sdri. Lailatul Rosyidah (Pembina Unires Putri) membuka acara dan diikuti dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Sdr. M. Rasyid Ridho (Pembina Unires Putra). Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Ustadz Muhsin Hariyanto, selaku Kepala Divisi Pengkaderan dan Kepemimpinan (Unires), memberikan sambutan pertama sekaligus sebagai ucapan selamat datang kepada rombongan perwakilan Perguruan Tinggi Bin Baz. Beliau secara sekilas menyampaikan terkait dengan inspirasi dari pendirian Unires serta fokus pembinaan mahasiswa di asrama. Ustadz Muhsin juga sempat menyinggung perihal meningkatnya kemampuan diri dalam keterpaksaan situasi dan kondisi berdasarkan pengalaman hidup beliau di mana salah satu poin yang penting adalah kesungguhan hati. Tak lupa beliau juga menyampaikan permohonan maaf jika kekurangan dalam menyambut tamu dari Perguruan Tinggi Bin Baz.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ustadzah Rosidah Rina, Lc. M.M. selaku perwakilan dan dosen Perguruan Tinggi Bin Baz. Selain menyampaikan terimakasih atas penyambutan dari pihak Unires, Ustadzah Rina pun menjelaskan terkait dengan agenda-agenda silaturahim pihak Perguruan Tinggi Bin Baz ke perguruan tinggi yang berpengalaman dalam pembinaan mahasiswa di asrama. Beliau berharap bisa belajar banyak dari pengalaman Unires khususnya dalam mengelola pembinaan mahasiswa dari berbagai jurusan yang cenderung heterogen.

Setelah sambutan, Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.IP., selaku Wakil Kepala Bidang Program Unires, untuk menyampaikan penjelasan terkait pengelolaan program pembinaan mahasiswa di Unires. Di awal, beliau menjelaskan hal-hal terkait dengan posisi Unires baik secara kelembagaan maupun fisik. Beliau melanjutkan presentasi dengan perkenalan staf inti yang meliputi pimpinan, wakil-wakil pimpinan, dan staf kantor serta tim inti pembinaan yang terdiri dari pembina putra dan putri. Penjelasan selanjutnya adalah terkait dengan program Unires dan pengeloaannya, yang meliputi berbagai macam program yang dilaksanakan dan peraturan serta kedisiplinan termasuk adanya sistem reward and punishment yang sudah settle sejak Unires berdiri.

Di akhir, sesi tanya jawab dibuka agar Unires dapat memberikan informasi lain yang dibutuhkan oleh pihak Perguruan Tinggi Bin Baz. Pada sesi ini terdapat beberapa pertanyaan terkait dengan detail teknis pengelolaan asrama. Hal ini mencakup beberapa aspek di antaranya: penilaian, prosedur operasional, sumber daya manusia dan psikologis. Setelah sesi tersebut berakhir, acara ditutup pada sekitar pukul 11.00 WIB dengan bacaan hamdalah dan do’a. Adapun, setelah penutupan, terdapat sesi pemberian cinderamata dari pihak tamu dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522