Pembukaan Program Pembinaan dan Masa Ta’aruf Unires 2022

Alhamdulillah, Unires telah melaksanakan kegiatan Pembukaan Program Pembinaan dan Masa Ta’aruf Asrama Mahasiswa Unires pada hari Senin, 19 September 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Muhammad Faris Al-Fadhat, S.IP., M.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Alumni AIK, Ustadz Muhammad Khaeruddin Hamsin, Lc., LL.M., Ph.D. selaku Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, Ustadz Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag selaku Kepala Divisi Kepemimpinan dan Kaderisasi (Unires), Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A. selaku Kepala Program Unires, 46 mahasiswa selaku Tim Pembinaan Unires, 25 thalabah PUTM, serta 247 mahasiswa baru dari berbagai fakultas.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB yang dipandu oleh Saudari Dinda dan Raisa selaku MC dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Saudara Muhammad Rizki Ridhani. Selanjutnya, Saudara Raka Rahmana Putra dan Umniyyah selaku Ketua Mataf Unires 2022 menyampaikan sambutan. Sambutan kedua disampaikan oleh Ustadz Muhsin Hariyanto sekaligus menerangkan program pembinaan yang terbagi dalam 3 kategori utama yaitu Peningkatan Bahasa, Al Islam & Kemuhammadiyahan, serta Leadership & Pengkaderan. Dimana 3 kategori program pembinaan tersebut dilakukan dengan metode Klasikal, Mentoring, dan Pembiasaan. Beliau juga menyampaikan bahwa Unires memiliki Program Konseling yang berisi pelayanan konseling dan penyampaian materi psikologi.

Sambutan ketiga disampaikan oleh Ustadz Muhammad Khaeruddin Hamsin yang menyampaikan bahwa sebanyak 5.000 mahasiswa baru UMY di luar Unires tidak berkesempatan mendapatkan program pembinaan yang lebih intens daripada mahasiswa baru yang tinggal di Unires. Beliau berharap mahasiswa yang menjadi residen Unires menjadi mahasiswa unggulan.

Dilanjutkan sambutan keempat sekaligus membuka secara resmi program pembinaan dan masa ta’aruf Unires 2022 yang disampaikan oleh Bapak Faris Al-Fadhat. Ada banyak faktor yang menentukan masa depan, kata beliau kemudian melanjutkan bahwa periode yang sangat menentukan masa depan adalah periode emas dalam menuntut ilmu yaitu sekarang, sebagai mahasiswa. Beliau juga menerangkan aspek-aspek yang dapat mempengaruhi masa depan yaitu value, attitude, dan character.

Sekilas apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan dan Alumni AIK, sebagai mahasiswa, tidak hanya berperan untuk belajar di perkuliahan kemudian selesai, namun mereka perlu menemukan sesuatu yang benar-benar menjadi tujuan hidup. Sebab siapapun yang memiliki tujuan hidup maka setiap langkah yang diambil adalah usahanya untuk menggapai apa yang dituju, bukan berjalan saja mengikuti arus tanpa tahu arah dan tujuan. Kemudian juga mahasiswa perlu mengembangkan skill yang dimiliki sehingga menjadi nilai tambah bagi dirinya. Beliau menyimpulkan bahwa, “Ketika seseorang tidak lagi dilihat melalui nama, gelar, asal, program studi, bahkan nasab tetapi dilihat dari sesuatu yang ada di dalam dirinya, maka dia telah berhasil membangun NILAI dirinya.”

Kegiatan diakhiri dengan penayangan video Mataf Unires 2021 dan video pembukaan Mataf Unires 2022. Setelah penutupan, seluruh residen diarahkan untuk foto bersama tiap usroh bersama dengan SR dan ASR nya masing-masing.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522