Unires Report: Kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Tangerang

Rabu, 7 September 2022, Unires kedatangan tamu dari Universitas Muhammadiyah Tangerang atau UMT. Selain Mudir Universitas Tangerang Boarding School sekaligus Wakil Dekan Fakultas Agama Islam UMT, Ustadz H.Samsuri,LC.,MA beserta wakilnya yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian LPK AIKA UMT, Ustadz Hijrah Abadi, S.S.I, pada kesempatan ini terdapat kehadiran yang sangat spesial, yaitu dari Rektor UMT, Dr. H. Ahmad Amarullah,M.Pd. Dari pihak Unires, turut hadir Kepala Unires, Ustadz Muhsin Hariyanto, Bunda Isthofaina Astuti selaku Wakil Kepada Bidang Sumber Daya dan Wakil Kepala Bidang Program, Ustadz Mahfud Khoirul Amin. Adapun berberapa staf yang hadir termasuk Ibu Ai Kartilah (Staf Keuangan), Ustadzah Nikmatus Sa’idah (Staf Administrasi), Bapak Ahmad Afief Amrullah (Staf Website dan Informasi), Bunda Solikun Nihaya (Konselor dan Pengasuh Unires Putri) dan perwakilan Tim Pembinaan, Saudara Muhammad Rasyid Ridho (salah satu Pembina Unires Putra).

Selain sebagai silaturahim, kunjungan ini juga bertujuan untuk saling belajar, terutama terkait dengan pengembangan dan pengelolaan asrama mahasiswa. Sehubungan dengan hal ini, pihak UMT telah memiliki rencana untuk mengembangkan asrama mahasiswa seperti yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan pendirian Unires.

Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan pembukaan oleh Ustadzah Nikmatus Saidah selaku MC dan dilanjutkan pembacaan al-qur’an oleh Saudara Muhammad Rasyid Ridho. Selanjutnya, Ustadz Muhsin Hariyanto menyampaikan sambutan dan sekaligus sebagai ucapan selamat datang. Beliau secara sekilas menyampaikan cerita dibalik pendirian Unires UMY sehingga para tamu dapat mengenal lebih jauh fondasi yang diletakkan sebagai dasar pengembangan asrama mahasiswa ini.

Sambutan kedua disampaikan dari pihak UMT oleh Dr. Ahmad Amarullah. Beliau menyampaikan profil singkat Universitas Muhammadiyah Tangerang dari sejarah hingga perkembangan terbaru saat ini. Beliau juga menyampaikan beberapa hal terkait asrama mahasiswa yang existing saat ini di UMT dan rencana pengembangan asrama layaknya Unires. Adapun hal yang menjadi luar biasa dari UMT adalah arah pembelajaran kampus yang mulai mengadopsi teknologi realitas artifisial yang terdiri dari Virtual Reality dan Augmented Reality. Dalam hal ini, pihak UMT bekerjasama dengan SIMOLEAC yang juga menjadi platform dari Universitas Terbuka. Selepas sambutan, kesempatan diberikan kepada Ustadz Mahfud untuk menjelaskan hal-hal teknis yang fundamental tentang Unires UMY. Hal ini meliputi lokasi, struktur organisasi, garis koordinasi, staf, tim pembinaan dan program.

Acara terakhir dipergunakan untuk tanya jawab yang dibagi menjadi 2 sesi di mana sesi kedua dialokasikan pasca break shalat dan makan siang. Pada sesi ini, banyak pertanyaan diajukan dari pihak UMT terutama dari Ustadz Samsuri serta Ustadz Hijrah Abadi terkait dengan program dan pengelolaan asrama mahasiswa. Setelah sesi ke-2, sebelum penutupan, acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari pihak Unires kepada pihak UMT yang diwakilkan oleh Ustadz Muhsin Hariyanto dan Bapak Ahmad Amrullah.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522