Hindari SKS dan Gunakan Metode Belajar yang Tepat Selama Kuliah

Setiap orang dibekali dengan kemampuan yang berbeda, begitu juga dengan kamu. Teman-temanmu mungkin bisa memahami materi kuliah dalam waktu singkat ketika dosen menjelaskan di kelas. Sementara kamu harus mengulang dan bertanya ke teman lain untuk memahami materi yang sama. Kamu tidak perlu khawatir karena mungkin kamu punya metode belajar yang berbeda.

Secara umum, metode belajar dikelompokkan dalam empat cara yang berbeda yakni visual, auditori, tulisan, dan kinestetik. Metode ini dikenal sebagai The Vark Modalities. Nah.. dengan mengetahui kecenderungan metode belajar ini, kamu akan lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diberikan dosen.

Biar semakin paham dengan penggunaan VARK ini, kamu juga bisa cobain tips dari Irna Julita yang menjadi lulusan terbaik dari Program Studi (prodi) Farmasi pada tahun 2022. Irna, sapaan akrabnya, juga menerapkan cara belajar ini di tengah kesibukannya sebagai senior resident di Unires.

Mendengar materi dengan baik di kelas

Satu hal yang patut disyukuri dengan adanya kelas daring selama pandemi adalah materi di kelas dapat direkam sehingga ketika akan meninjau kembali materi yang telah lewat dapat dilakukan dengan mudah. Namun, dengan adanya kelas daring bukan berarti perhatian kamu terhadap penjelasan dosen berkurang ya!

Konsisten dengan skala prioritas

Sistem Kebut Semalam (SKS) seringkali menjadi pilihan bagi mahasiswa karena kesibukan di luar perkuliahan yang menyebabkan beberapa tugas ditumpuk mendekati tanggala akhir pengumpulan. Meski pada akhirnya tugas tetap selesai dengan SKS, sebaiknya tugas tetap dikerjakan jauh hari agar kamu punya kesempatan lebih banyak dalam menggali informasi yang terkait dengan tugas tersebut.

Mengulang materi

Sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), sistem ujian yang digunakan cukup berbeda dengan fakultas lain. Maka, ia menyarankan kepada teman-teman FKIK paling tidak mengulang materi blok seminggu sebelum ujian dilaksanakan.

Cari sumber lain

Akses internet yang mudah juga harusnya membuat mahasiswa lebih aktif dalam mencari alternatif materi perkuliahan. Irna menyarankan untuk membiasakan diri menonton video animasi anatomi tubuh atau penjelasan penyakit di youtube. Semakin banyak materi yang dipahami, semakin dalam analisis yang dapat digunakan ketika mengerjakan tugas dan ujian.

Diskusi

Selain belajar dari dosen, buku, dan internet, kamu juga bisa saling diskusi dan bertanya kepada teman-teman mengenai topik yang sedang dikerjakan. Perbedaan pendapat menjadikan kamu kaya akan wawasan.

Doa restu orang tua

Kekuatan doa jangan pernah diragukan. Selalu minta doa restu orang tua dalam setiap langkah yang diambil, apalagi saat akan menghadapi ujian. Ingat bahwa doa orang tua termasuk doa yang mustajab. Sebagaimana hadis yang diriwiyatkan oleh Abu Daud,

Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522