Tips Mengelola Keuangan ala Mahasiswa

Masa kuliah menjadi masa eksplorasi diri bagi sebagian orang. Termasuk eksplorasi cara mengelola keuangan agar kelak ketika lulus, mampu memastikan stabilitas keuangan dan siap menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Bahkan menjadi terlambat apabila baru belajar pengelolaan keuangan setelah berkeluarga. Nah, bagi kamu yang ingin belajar mengelola keuangan sejak kuliah, mari baca tips ini sampai selesai!

Catat pengeluaran bulanan

Hal ini dilakukan untuk mengetahui alokasi bulanan dan pengeluaran yang dapat dipangkas sehingga kamu bisa lebih hemat pada bulan berikutnya. Jangan lupa untuk selalu sisihkan di awal bulan alokasi khusus untuk sedekah supaya rezekinya berkah!

Reward diri ga harus tiap hari

Tanggung jawab kuliah, organisasi, dan tanggung jawab lain terkadang membuat kamu butuh waktu untuk rehat sejenak. Kamu yang rehatnya dengan nongkrong bersama teman-teman atau jalan-jalan, jangan lupa untuk selalu pertimbangkan biaya hidup kamu di bulan tersebut. Reward diri sendiri boleh saja, tapi ga tiap hari juga ya!

Tambah sumber penghasilan lain

Pengen belanja barang baru tapi ga mungkin minta ke orang tua? Kamu bisa pertimbangkan untuk kerja sambilan selama kuliah. Bisa dengan jadi tutor, edit video, jasa desain, dan sebagainya. Dengan kemajuan teknologi, kamu bisa memilih untuk kerja sambilan tanpa harus datang ke kantor. Yuk siapkan CV dari sekarang!

Hati-hati dengan diskon bulanan

Tiap tanggal tertentu, kamu mungkin familiar dengan diskon besar-besaran. Kalau kamu tidak butuh barangnya, sebaiknya jangan dibeli. Hal ini akan membentuk pola konsumtif yang berkelanjutan. Sebaliknya, kamu bisa maksimalkan barang yang ada tanpa harus membeli barang baru. Selalu ingat kualitas diatas kuantitas.

Kamu sudah siap melaksanakan berbagai tips tersebut?

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522