Lulus Kuliah Kurang dari 3,5 Tahun, Kok Bisa?

Menjadi lulusan terbaik dengan masa kuliah singkat menjadi impian banyak mahasiswa. Terlebih, masa kuliah tak hanya diisi dengan dengan tugas dan organisasi, tapi juga diselingi dengan pengabdian dan program exchange ke luar negeri, semakin berkesanlah masa kuliah itu.

Narasi tersebut bukanlah sebuah khayalan semata, namun sudah berhasil diterapkan oleh Muhammad Syahrir, Pembina Unires Putra 2021-2022 yang berhasil menyelesaikan studinya di Pendidikan Agama Islam UMY dalam jangka waktu 3 tahun 1 bulan. Dalam seremonial wisuda yang diselenggarakan kampus, ia juga dianugerahkan sebagai mahasiswa lulusan terbaik dari prodinya. Ia berkesempatan untuk menyampaikan pidato di hadapan tidak kurang dari 1.200 wisudawan/wati pada akhir tahun 2021.

Dalam kesempatan yang berbeda, ia berbagi tips untuk teman-teman yang masih berstatus mahasiswa aktif agar dapat lulus tidak lebih dari 3,5 tahun.

Kerjakan tugas sebelum tenggat waktu berakhir

Dengan kesibukan di luar kuliah, ia memilih langsung mengerjakan tugas setelah dosen memberikan. Hal ini untuk mencegah penumpukan tugas menjelang deadline yang bisa menyebabkan kebiasaan buruk : bergadang.

Baca materi sebelum pertemuan di kelas

Minimal luangkan waktu 5-10 menit sebelum kelas dimulai agar tahu gambaran besar materi yang akan dibahas oleh dosen. Apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas, segera tanyakan ke dosen pada saat kelas berlangsung. Dengan begitu, kamu sudah selangkah lebih maju dari teman-teman yang lain.

Mulai memilih topik yang dikuasai pada semester 4 atau 5

Selain topik yang kamu kuasai, kamu disarankan untuk memilih dosen pembimbing yang punya interest sama pada topik yang kamu ambil. Kamu bisa tanya kakak tingkat atau teman-teman kelas lain yang pernah diajar oleh dosen tersebut agar semakin yakin dengan pilihanmu.

Konsisten mengerjakan skripsi

Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Luangkan waktu setiap hari untuk menulis dan pasang target per bab agar kamu bisa melihat progress yang telah kamu buat. Jangan biarkan skripsimu menganggur dalam jangka waktu lama karena berpotensi memunculkan rasa malas dan menunda-nunda.

Diskusi dengan teman-teman mengenai topik skripsi

Sharing dengan teman-teman mengenai progress satu sama lain juga mendorong kamu lebih giat untuk mengerjakan bagianmu. Teman-teman juga bisa memberi sudut pandang lain yang berkaitan dengan topik skripsimu.

Jangan takut revisian dosen

Tidak ada skripsi yang sempurna. Maka, jangan takut dengan revisi yang diberikan dosen. Dengan hadir pada sesi konsultasi dosen, kamu mengetahui lebih awal bagian mana yang perlu diperbaiki. Hal ini lebih baik karena kamu meminimalisir kesalahan ketika sidang akhir nanti.

Nah.. itu dia beberapa tips untuk kamu agar dapat menyelesaikan masa kuliah dalam jangka waktu tidak lebih dari 3,5 tahun. Namun ingat, fase perkuliahan ini tidak dapat diulang, maka nikmati prosesnya. Lulus terlambat dari yang lain bukan berarti gagal, tetapi jika bisa diusahakan lebih cepat, kenapa tidak? 

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522