Tetap Produktif Selama Liburan Semester

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah memasuki masa libur semester genap sejak Juli 2022. Sebagian mahasiswa memilih pulang ke kampung halaman dan menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Namun, beberapa dari mereka memilih untuk tetap di kost dengan berbagai alasan. Nah, bagi kamu yang juga memilih untuk tidak pulang selama libur semester ini, kamu bisa melakukan tips berikut agar liburanmu tetap menyenangkan dan juga produktif :

Ikuti kepanitiaan

Liburan kali ini menjadi agak sibuk bagi anak-anak organisasi dikarenakan mereka akan bersiap menyukseskan masa ta’aruf mahasiswa baru secara luring, berbeda dengan tahun sebelumnya yang harus dilaksanakan secara daring akibat pandemi. Sebagian ada yang memililih berkontribusi di prodi, fakultas, atau tingkat universitas. Bagi kamu yang tergabung dengan IMM, kamu juga bisa ikut dalam kepanitiaan Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI) yang masuk dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru UMY.

Magang

Bagi kamu yang tertarik untuk bersiap dalam dunia profesional, kamu bisa coba magang dalam rentang kontrak 3-6 bulan. Melalui magang, kamu tak hanya mendapatkan gambaran pengalaman kerja, namun juga berpotensi mendapatkan tambahan penghasilan. Kamu bisa mencari peluang magang dari media sosial atau situs penyedia kerja.

Asah skill baru

Pengen magang tapi belum tahu skill yang dibutuhkan? Sepertinya kamu butuh waktu untuk belajar skill tersebut selama liburan. Kamu bisa belajar desain dengan platform sederhana, setelah itu baru dikembangkan dengan mencoba platform lain. Jika Youtube belum cukup memuaskan rasa ingin tahumu, kamu bisa belajar di platform pelatihan berbayar dan dapatkan sertifikasi resminya.

Solo travelling

Liburan bisa jadi momen kamu untuk eksplorasi tempat baru. Apalagi jika kamu sedang berada Jogja, kamu punya banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Jika memungkinkan, kamu juga bisa ke luar kota dengan akses KRL yang murah.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama libur semester ini. Jangan lupa untuk abadikan momen liburanmu dan semoga jadi liburan yang berkesan untukmu!

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522