Unires Report: Softskill Tim Pembinaan Unires 2022

Sabtu, 11 Juni 2022, dalam upaya menyegarkan kembali semangat dan antusiasme program, Unires menyelenggarakan sebuah kegiatan softskill khusus untuk tim pembinaan Unires yang terdiri dari Pembina, Senior Residen dan Asisten Senior Residen. Bertempat di “Dolan Ndeso” – Boro – Kulon Progo – D.I.Y. , sesuai dengan namanya, siapapun dapat merasakan nuansa pedesaan yang dekat dengan alam serta menyejukkan. Adapun kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari 1 malam sampai dengan Minggu 12 Juni 2022 siang hari.

Peserta berangkat dari Asrama Mahasiswa Unires UMY sekitar pukul 13.00 WIB dan sampai di lokasi sekitar pukul 14.30 WIB. Para peserta kemudian dipersilakan untuk melaksanakan ishoma (istirahat, sholat dan makan). Adapun makanan ringan adalah yang disediakan pada waktu ini. Selepas shalat ashar berjama’ah, sekitar pukul 15.15 WIB, kegiatan dibuka dengan pembukaan dan pengarahan dari Ustadz Mahfud Khoirul Amin (Kepala Program Unires). Lebih lanjut, perserta diberikan kesempatan hingga waktu shalat maghrib untuk mempersiapkan diri dan mengatur tempat akomodasi yang telah disediakan.

Setelah shalat maghrib berjama’ah bererta kultum, peserta dipersilakan untuk makan malam hingga waktu shalat isya yang juga dilanjutkan kultum. Terdapat 2 acara pada malam harinya, yaitu Muhasabah bersama Ustadz Mahfud dan Tukar Hadiah yang dipandu oleh Ustadzah Nikmatus Sa’idah. Adapun setelahnya, acara makan bersama berupa Grill Party atau BBQ dipilih untuk menutup hari yang pertama hingga sekitar pukul 22.30 WIB.

Hari kedua befokus pada kegiatan outdoor, yaitu berupa outbond sejak pagi hingga siang hari dengan konten yang cukup variatif. Acara pertama setelah shalat shubuh berjama’ah dan kultum adalah senam dan permainan ringan seperti yang menggunakan tepuk tangan. Setelah istirahat dan sarapan, acara kemudian dilanjutkan dengan permainan-permainan yang melibatkan air termasuk perlombaan perahu dayung. Adapun permainan-permainan yang berbeda juga dilakukan setelah itu, namun yang terlihat menjadi klimaks adalah permainan paintball di mana peserta terbagi menjadi beberapa grup yang terdiri dari 4 hingga 5 orang dan bertanding dengan sistem knock-out.

Pada siang hari, pasca shalat dzuhur berjama’ah dan makan siang, kegiatan diakhiri dengan penutupan di pendopo tempat yang sama dengan pembukaan. Acara ini disertai dengan pengumuman dari Ustadz Sutrisno selaku Staf Sosial tentang pemenang kompetisi video dokumentasi kegiatan Muballigh Hijrah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan yang lalu. Adapun peserta meninggalkan tempat kegiatan sekitar pukul 14.00 WIB.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522