Muballigh Hijrah sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat Sekitar

Muballigh Hijrah (MH) merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada tiap Bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan dengan mengirimkan muballigh/muballighah ke masjid-masjid di sekitar Unires. Namun, sejak adanya pandemi, kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan.

Melihat trend positif dari data vaksinasi dan penurunan jumlah kasus covid-19, maka pada tahun 2022 bertepatan dengan 1443 H, Unires kembali mengirimkan muballigh/muballighahnya untuk mengabdi selama 20 hari di Bulan Ramadhan di 10 masjid sekitar Unires. Dengan total 46 muballigh/muballighah yang dikirimkan, Unires bertekad menyukseskan program Ramadhan masing-masing masjid tersebut sebab pada bulan mulia ini menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan intensitas ibadah.

Selama pengabdian, banyak cerita dan kesan yang didapat oleh para muballigh/muballighah. Mulai dari sambutan hangat masyarakat sekitar hingga pengalaman menarik ketika harus berhadapan dengan anak-anak ketika mengajar mengaji.

Abdullah Bustomi, salah satu koordinator tim yang ditempatkan di Masjid Nurul Huda, Nulis mengatakan “Banyak pengalaman yang didapati selama MH 20 hari, terutama kita dapat terjun langsung ke masyarakat yang majemuk, dari situ saya pribadi mendapatkan ilmu, pengalaman, motivasi yang membangun untuk saya. Selain itu, kita juga diajarkan untuk membangun kerja sama dan rasa kekeluargaan antar anggota MH dengan masyarakat sekitar sehingga terbentuklah ukhuwah islamiyyah.”

Sementara itu, anggota MH lainnya yakni Qoni’ Ihda Permata Sari yang ditempatkan di Masjid Al Mubaroq, Tegal Rejo mengatakan bahwa program ini memberikan keluarga baru, tak hanya sesama anggota MH namun juga santri, remaja masjid dan karang taruna, takmir, dan warga sekitar masjid. MH memberikan kesempatan baginya untuk menambah pengalaman baru seperti mengajar di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), mengisi kajian menjelang berbuka, dan berkunjung ke rumah warga. Ia berharap program ini menjadi pendorong bagi para muballigh/muballighah agar siap menjadi pribadi yang bermanfaat untuk lingkungan yang lebih luas.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522