Tips Membangun Rasa Percaya Diri Berbahasa Inggris

Kemampuan menguasai bahasa asing saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan. Terlebih dengan adanya globalisasi yang seakan menghilangkan batas antar negara. Setiap orang dari berbagai belahan dunia dapat berkomunikasi dengan bantuan teknologi komunikasi. Namun, kebebasan dalam komunikasi dan akses informasi harus diikuti dengan kemampuan penggunaan bahasa internasional, seperti Bahasa Inggris. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan agar kamu bisa percaya diri berbicara Bahasa Inggris :

  1. Memperbanyak referensi berbahasa Inggris
    Dalam penguasaan bahasa asing, input menjadi hal yang pentig agar kita memiliki kosakata yang cukup untuk mengekspresikan tujuan dalam berkomunikasi. Input tersebut dapat berasal dari video, film, lagu atau buku bacaan. Semakin sering mendengar dan membaca dalam Bahasa Inggris, kamu akan menemukan pola dan kosakata sederhana yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Ikuti cara berbicara penutur asli
    Jika kamu adalah penggemar sepak bola, tonton setiap wawancara yang dihadiri oleh tokoh idolamu, Jika kamu menyukai aktor film, tonton beberapa film yang ia perankan. Ulangi beberapa bagian yang ingin kamu tiru. Ikuti cara tokoh idolamu mengucapkan beberapa kata yang kamu anggap penting dalam perbincangan sehari-hari, seperti halnya bayi ketika mengucapkan kata pertamanya.
  1. Ajak teman
    Tujuan dari penguasaan bahasa asing adalah memudahkan komunikasi. Unires menyediakan waktu khusus setiap hari agar kamu dapat membangun rasa percaya diri berbahasa Inggris. Kamu bisa berbincang dengan teman dengan Bahasa Inggris tanpa takut salah. Keberanian mengemukakan pendapat menjadi perhatian utama, dibanding dengan penyusunan struktur berbahasa. Selanjutnya, setelah rasa percaya diri muncul, kamu dapat mulai mencari beberapa aturan berbahasa Inggris sesuai dengan kaidah yang telah disepakati di dunia internasional.
  1. Fake it till you make it
    Terus ulangi dan jadikan setiap kegiatan belajar Bahasa Inggris sebagai sebuah kebiasaan. Kamu bisa tentukan jadwal setiap hari menonton video dengan subtitle Inggris atau membaca berita dari media internasional. Berbicaralah seakan-akan kamu telah memahami banyak kosakata, sehingga tidak ada keraguan ketika kamu menyampaikan pendapat. Apabila terdapat kata-kata yang penyebutannya kurang tepat, kamu mungkin akan ditegur oleh teman lain. Jadikan hal itu sebagai penyemangat untuk terus belajar.

Bagi kamu yang merasa belum bisa berbahasa Inggris dengan lancar, jangan khawatir! Dengan bergabung dengan Unires, kamu tidak hanya mendapatkan teori membangun kepercayaan diri berbahasa Inggris, namun juga kesempatan praktikal berbicara bersama teman-teman pada jam-jam tertentu setiap hari.

Mengutip pernyataan dari Flora Lewis, belajar bahasa asing tak hanya berarti belajar kosakata baru pada hal yang sama, tetapi juga mempelajari cara pandang yang berbeda. Bahasa menjadi gerbang untuk kesempatan yang lebih luas. Sebagai insan yang selalu haus dengan ilmu pengetahuan, selalu kembangkan semangat belajar dalam beberapa bahasa asing. Namun perlu diingat, proses pembelajaran ini tidak dapat dikuasai dalam waktu singkat. Konsistensi dan semangat harus terus dijaga agar proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522