Unires Siapkan Pemimpin Masa Depan melalui Public Lecture ke-2

Today’s Youth are Tomorrow’s Leader menjadi tema besar yang diangkat dalam Public Lecture ke-2 pada tahun pembinaan 2021-2022. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dengan menghadirkan pembicara yang luar biasa. Public Lecture yang diadakan di lobi Gedung Y pada 31 Maret 2022 mendatangkan Prof. Dr. Ir. Sukamta, S.T., M.T., IPM sebagai pembicara. Beliau adalah Wakil Rektor I Bidang Akademik periode 2021-2025 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagaimana agenda Public Lecture sebelumnya, kegiatan dibuka dengan wisuda tahfiz dengan total peserta kali ini mencapai 53 putra dan putri. Wisuda ini menjadi ajang apresiasi kepada residen yang telah berhasil menyelesaikan target hafalan yang telah disusun oleh Unires.

Pada acara inti, pembicara membuka sesinya dengan menampilkan perjalanan hidup Beliau yang inspiratif dari sebuah video. Video tersebut menjadi pengantar materi berkaitan dengan keberanian bermimpi besar dengan menuntut ilmu yang kemudian menjadi bermanfaat kepada banyak orang. Dalam materi tersebut, disisipkan kisah pentingnya peran pemuda dalam pelaksanaan kemerdekaan Indonesia, dimana terdapat peristiwa penculikan Soekarno dan Hatta oleh Golongan Muda. Peristiwa tersebut kemudian tercatat dalam sejarah bahwa pemuda juga mampu memberikan dorongan kepada pemangku kepentingan saat itu sehingga terjadilah kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Dalam sesi sharing tersebut, peserta diingatkan kembali mengenai satu kalimat dalam Bahasa Arab, شُبَّانُ الْيَوْمِ رِجَالُ الْغَدِ yang berarti pemuda adalah pemimpin masa depan. Pemuda memiliki menyimpan mimpi dan energi. Dengan adanya mimpi tersebut, pemuda tak hanya bertanggung jawab untuk mewujudkannya, namun juga dengan melihat bagaimana mimpi tersebut dapat bermanfaat bagi komunitas dan bangsanya. Selain itu, menjadi pemimpin juga perlu persiapan panjang dengan proses yang kadang tidak mudah.

Sebagai seorang Muslim, sudah sepantasnya untuk melihat Rasulullah SAW sebagai teladan dalam bidang kepemimpinan. Empat sifat kenabian seperti sidiq, amanah, tabligh, dan fathanah dapat diterjemahkan dengan menyesuaikan konteks kebutuhan saat ini. Sebagaimana Muhammadiyah juga gaungkan dengan semangat pembaharuan dalam gerakan dakwahnya.

 

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522