Syawalan Unires 2021

Syawalan unires 2021

Telah dilaksanakan syawalan unires pada hari senin, 31 Mei 2021 yang bertempat diUnires Gedung M lantai dasar.  Syawalan sendiri bagi masyarakat Indonesia sering dilaksanakan setelah hari raya idul. Dengan dilaksanakanya acara syawalan ada beberapa makna yang terkandung didalamnya

  1. Ajang saling memaafkan

Syawalan merupakan momen yang sangat tepat untuk saling maaf-memaafkan kita dapat Kembali bersih, fitrah. Dengan menerapkan protocol Kesehatan tentu kita dibatasi dengan tidak bisa saling berjabat tangan tapi tidak meluluhkan niat kita untuk memaafkan.

  1. Media silaturahmi

Merupakan sebuah media silaturahmi yang efektif. Dengan syawalan persaudaraan dapat saling mengeratkan Kembali, terlebih dikemas dalam acara yang interakatif.

  1. Sarana koordinasi

Syawalan menjadi saran koordinasi, dalam lingkup pekerjaan atau dalam satu instansi. Koordinasi ini sering berisi tentang cara meperbaiki pekerjaan dan mengevaluasi hal-hal yang sebelumnya belum baik.

  1. Berbagi rezeki

Syawalan ini dijadikan ajang membagi rezeki dari sebuah instans ke anggota staf pembinaan ataupun karyawan unires.

Itulah sederet makna dari syawalan itu sendiri. Terlebih dalam acara syawalan unires. Bukan hanya sebatas syawalan tapi didalamnya terdapat kajian singkat yang sangat mendalam yang dibawakan oleh Ustad Talqis Nurdianto yang mengusung tema kajian “Peningkatan kinerja dan layanan di masa pandemi” . Adapun hal-hal yang disampaikan oleh beliau adalah.

Pertama adalah dampak poistif dan negative dari covid-19 tentu banyak dampak negative yang terjadi salah satunya adalah banyaknya timbul penganguran baru, tentu dikarena setiap perusahaan ataupun instansi banyak yang menurunkan jumlah karyawannya. Dan dampak poistif yang ditimbulkan adalah teknologi digital jadi lebih meningkat dan yang tadinya mayarakat gaptek akan teknologi mereka dipaksa untuk melakukannya sehingga masyarakt terbiasa dengan hal tersebut.

Kedua cara kita menyikapi setiap ujian yang ada. Dalam surat Al-Baqarah ayat 155 “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Ketika adalah sabar di masa pandemi, ada beberapa cara agar kita selalu sabar pertama adalah dengan mengutamakan keselamatan, mengerjakan kebaikan, memperhatikan hak dan kewajiban, dan mengubah musibah menjadi nikmat.

Dan yang keempat adalah totaliatas dalam setiap pekerjaan. Beliau mengkutip dalam hadist Riwayat Muslim “Dari Aisyah bersabda Rasulullah : “Allah ʽazza wa jalla menyukai jika salah seorang di antara kalian melakukan suatu amal secara itqan.” Dengan hal ini menjadi sebuah kesungguhan dan kemantapan dalam melaksanakan tugas, sehingga k=dikerjaan dengan secara maksimal.

Itulah beberapa  bahasana  yang dibahas dalam kajian syawalan unires tahun 2021 diharapkan menjadi sebuah pelajaran kita Bersama untuk memperbnaiki kehidupan kita kedepananya

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522