Resident harus dapat menetas, tidak busuk ditengah jalan

  Dalam pembukaan program UNIRES angkatan 2013 yang berlangsung pada 10-11/09/13, ustadz Ghofar Ismail selaku direktur, menyampaikan garis besar program-program dan pembiasaan yang akan diterima resident selama satu tahun berada di UNIRES. Dalam sambutannya beliau mengibaratkan resident layaknya telur yang dierami induknya, resident sebagai telur dan induk adalah seperangkat program yang dirancang sedemikian rupa untuk menjaga dan membentuk resident sehingga dapat menetas menjadi kader pemimpin umat masa depan.

  Secara garis besar program-program UNIRES terbagi menjadi 3 bentuk;

  1. Bentuk klasikal; mencakup materi aqidah, ibadah dan akhlak; tahsin dan tarjamah al-qur’an difokuskan pada juz 30 serta kajian ayat/hadits pilihan. Program klasikal diampu oleh SR dan ASR dengan seminggu sekali menghadirkan pemateri yang kompeten dalam bidangnya.
  2. Bentuk pembiasaan; mencakup pembiasaan tadarus al-qur’an, shalat wajib berjama’ah, shalat sunnah (rawatib, tahajud, duha), puasa sunah, berbusana Islami, Pergaulan Islami (memahami batasan lawan jenis), berlaku bersih dan indah, menebarkan kebaikan dll. Senantiasa SR dan ASR membimbing dalam keseharian di asrama.
  3. Bentuk mentoring; mencakup tahfidl qur’an juz 30 dan materi al-islam yakni berbagai materi ibadah praktis seperti tata cara thaharah, sholat, kepengurusan jenazah dll.

  Dalam sambutannya tersebut ustadz Ghofar juga menyampaikan 9 sifat organisasi yang disampaikan dengan gerakan sehingga mudah diingat oleh resident.

  Ustadz Nazieh Ibadillah selaku keapala program dalam sambutan kedua menambahkan detil program termasuk jadwal serta struktur organisasi UNIRES, struktur kepembinaan dari direktur sampai pada SR dan staf-staf UNIRES.

  Pembukaan program UNIRES dilaksanakan dua kali, pertama 10/09/13 di UNIRES putra gedung U untuk putra dan 11/09/13 di UNIRES putri gedung Y untuk putri.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
On Key

Related Posts

University Residence (selanjutnya disingkat Unires)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah sebuah tempat hunian atau asrama mahasiswa UMY yang tidak hanya digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa, namun juga berisi program pembinaan.

Hubungi Kami

Lingkar Selatan, Kampus Terpadu UMY Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Fax : (0274) 434 2522