Teman Adalah Aset

Semakin banyak warna yang berbeda semakin indah bukan. Seperti halnya pelangi, dia indah bukan? Memiliki berbagai macam warna membuat orang terkagum-kagum ketika melihatnya. Jarang loh orang yang ketika melihat pelangi berkata “ah biasa saja” pasti kebanyakan berkata “wah!  Indahnya ya”, sampai-sampai tak jarang loh yang gak ngeluarin kameranya untuk memotretnya. Bener gak?????

Begitupun dengan pertemanan, ketika kita bisa berteman dengan banyak orang akan semakin banyak warna dalam hidup kita dan akan indah seperti halnya pelangi. Dengan banyak teman akan membuat kita mengenal berbagai macam karakter orang, sehingga kita pun tanpa disadari akan belajar bagaimana cara memahami karakter orang lain.

Sering kita berpendapat bahwa berteman itu mudah, ya memang mudah tapi jangan dikira kita berteman hanya untuk sekedar berteman saja. Ketika kita berteman kita harus tahu apa manfaat dari sebuah pertemanan kita itu. Apakah akan bermanfaat baik atau malah sebaliknya. Karena teman merupakan faktor yang sangat kuat mempengaruhi diri kita. Baik anak-anak, remaja, bahkan kita yang sedang menju proses kedewasaan. Biasanya peran teman sangat penting untuk kita. Nah maka dari itu berhati-hatilah ketika kita memilih teman. Jangan sampai karena teman, kita menjadi orang yang tidak baik. Ya….meskipun dalam sebuah syair dikatakan boleh kita berteman dengan siapa pun sekali pun itu penjahat, tapi kan dibalik kata-kata itu juga tersimpan tanda kutipnya. Boleh berteman dengan penjahat asal kita bisa membawa dia kejalan yang benar.

Ada ayat Al-Qur’an yang mengatakan “Wahai orang-orang yang beriman!!! Bertakwalah dan hendaklah kamu bersama-sama orang yang bersifat benar. (Q.S At-Taubah : 119)”. Nah itu teman-teman perintah Allah kepada kita agar kita berteman dengan orang baik. Kenapa demikian teman-teman, karena teman merupakan aset untuk kita. Kenapa saya bilang teman adalah aset untuk kita???

Jawabannya adalah, pertama ketika kita berteman dengan pedagan ikan maka kita akan ikut bau ikan dan ketika kita berteman dengan pedagang minyak wangi maka kita akan terbawa wangi. Kedua, ketika kita berteman hanya dengan satu orang saja atau hanya dengan orang sekampung atau sedaerah kita saja, maka informasi yang kita dapatkan pun akan sedikit. Contohnya, ketika kita sudah lulus kuliah kita akan berhadapan dengan dunia baru yaitu dunia kerja. Ketika kita banyak teman disana-sini. maka akan lebih banyak informasi yang kita dapatkan dari teman itu, jadi untuk mencari pekerjaan pun tidak akan terlalu sulit. Contoh lain ketika kita banyak teman disana-sini, maka ketika kita sedang bepergian kemana pun tidak akan merasa kesulitan, ya seenggaknya kita bisa menginap secara gratis kan dari pada harus nginep dihotel jadi lebih murah nginep dirumah temen sekalian mempererat silaturahmi. Ketiga, ketika kita punya teman baik, insyaAllah kita pun akan terbawa baik. Disinilah aset yang paling penting, aset yang akan membawa kita ke jalan menuju ridho-Nya.

Maka dari itu teman-teman mulailah dari sekarang kita cari teman yang bisa membawa kita menuju ridho-Nya. Meskipun posisi kita sekarang berteman dengan orang yang kurang baik, marilah ajak teman kita menuju jalan yang lebih baik, jangan sekali-kali kita meninggalkannya sebelum kita mengajaknya ke jalan yang benar. Akan tetapi ajaklah dengan ajakan yang halus dan jangan pernah sedikitpun kita memaksa. Jagalah pertemanan kita dengan sesama dan perbanyaklah berteman dengan orang yang kita tidak kenal. Karena sesungguhnya kita semua manusia adalah teman. Perbanyaklah warna pada kesempatan hidup kita yang hanya sementara ini.

Nah itu dia coretan saya kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Ditulis Oleh:

Siska Mustika Residen

Siska Mustika
Residen

Leave a Reply