Tahun Baru, Semangat Harus Baru !!!

Selamat datang 1 Muharram 1435 Hijriyah !!! Selamat tahun baruuu !!! *tiup terompet*

Lah, kok malah tiup terompet sih? Gak boleh lo ! Taukah kalian, kalau meniup terompet itu kebiasaannya kaum apa? Nabi Muhammad SAW bersabda dalam HR. Abu Daud, “Membunyikan terompet adalah perilaku orang-orang Yahudi”. Nah lo hayo? Nggak usah deh niup terompet, ganti aja sama tadarusan bareng teman-teman atau zikir untuk menyambut tahun baru, oke teman

Nggak kerasa ya, satu tahun telah berlalu. Tapi, apa saja hal yang sudah kita lakukan selamasetahun ini? Apakah lebih banyak melakukan hal yang bermanfaat ataukah hal yang menimbulkan mudharat? Ayo refleksikan pikiran kita sejenak. “Setahun kemaren aku ngapain aja ya?” “Mmm…Aku kemaren pengen ikutan Lomba PKM, eh eh nggak jadi…” “Aku juga pengen semester kemaren IP ku naik, lah ini kok malah turun ya?” “Aku pengen benerin ibadahku, tapi bangun Subuh aja kok males ya?” Hmm.. Itukah yang terjadi pada diri kita? Kita sudah punya rencana, tapi kenapa ya belum terlaksana? Sepertinya harus ada yang diperbaiki dari diri kita. Kata Aa Gym sih, kita perlu 3M untuk membuat hidup kita berubah. M yang pertama, mulailah dari diri sendiri. Karena Allah pernah bilang dalam firmannya di QS. Ar-Ra’d ayat 11 “… Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri…”. Ubahlah diri kalian, maka secara tidak langsung kalian telah mengubah orang-orang di sekitar kalian. M yang kedua, mulailah dari hal yang kecil. Daripada Abu Dzar r.a, Nabi S.A.W bersabda: “Janganlah kamu menghina  kebaikan sedikitpun , walaupun sekiranya kamu bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang ceria.” (HR. Muslim). Dan M yang terakhir adalah, mulailah dari saat ini. Kalau kalian bener-bener niat pengen berubah di tahun yang baru ini, mulailah lakukan hal-hal yang telah kalian rencanakan sejak saat ini, dari detik ini.

Setelah menjalankan trik-trik di atas, dijamin kalian akan merasakan sensasi semangat baru di tahun baru ini.. Ayo, kita sama-sama perbaiki niat, perbaiki semangat ! Selamat tahun baru, semangat baruku 🙂

(Aisyah Liputa Indeka)

Leave a Reply