Asrama Mahasiswa UMY

Tahfidz

Spread the love

Kata tahfidz merupakan bentuk masdar ghoir mim dari kata حَفَّظَ – يُحَفِّظُ – تَحْفِيْظًا yang mempunyai arti menghafalkan.

Program tahfidz tentunya adalah rangka meraih kemuliaan sebagai penjaga Al-Qur’an dengan menghafalkannya. Program ini berbentuk mentoring, yaitu residen diminta untuk menghafalkan surat dalam juz 30 secara berkala. Setiap pekannya, residen wajib menyetorkan hafalan minimal satu surat pendek atau beberapa ayat pada surat panjang kepada SR/ASR. Program ini ditargetkan dalam satu tahun tinggal di Unires, residen dapat hafal seluruh surat dalam juz 30.

Dalam kesehariannya, SR/ASR senantiasa memberikan motivasi dan tip untuk menyelesaikan hafalan surat. Bagi residen yang sudah hafal juz 30 sebelum tinggal di Unires (dari PonPes), tetap diwajibkan untuk murajaah hafalan juz 30, serta bagi yang berminat untuk melanjutkan pada juz 29 akan difasilitasi dalam bentuk kelompok minat bakat tahfidz yang dibimbing secara khusus.

Selain sebagai penjagaan umat Islam terhadap kitab sucinya, menghafal Al-Qur`an merupakan identitas dan kebutuhan setiap muslim. Sehingga melalui program ini diharapkan residen dapat menjadikan “menghafal Al-Qur’an” sebagai kebiasaan dalam kesehariannya. Melalui hafalan juz 30, semoga menjadi pemicu di masa datang setelah residen keluar dari Unires, residen memiliki kesadaran akan pentingnya dan merupakan kebutuhan untuk dapat menghafal Al-Qur’an secara keseluruhan.

Rasulullah saw bersabda, “Orang yang tidak mempunyai hafalan Al-Qur`an sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh.” (HR Tirmidzi).

 

 

Tinggalkan komentar