Sukses Ala Pengusaha Waroeng Steak & Shake

27 Mar 2013 Mida Mardhiyyah Kabar Unires 0

“Setiap orang yang sukses itu dimulai dari impian yang kuat dan sungguh-sungguh”
Itulah untaian kata yang diucapkan oleh H. Jody Broto Suseno, setelah beberapa saat sebelumnya mengajak semua residen Unires UMY untuk melantunkan surah al-Fatihah bersama-sama dalam hati. H. Jody menyampaikan kalimat demi kalimat yang membuat semua residen Unires UMY berdecak kagum mendengarnya. H. Jody pemilik warung makan yang cukup terkenal di Jogja -bahkan mungkin di luar Jogja- yang bernama “Waroeng Steak & Shake” ini, berbagi pengalamannya meraih sukses menjadi Bos dari 1300 karyawannya dalam acara Studium General yang diadakan oleh University Residence (Unires) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (25/3).

Pria yang sekarang sudah memiliki empat orang anak ini melanjutkan, terkadang sesorang itu lupa dengan impiannya. Tidak jarang pula kita lupa dengan apa yang kita impikan. Oleh karena itu, impian yang kita miliki itu harus tertanam kuat, tidak boleh pergi ke mana-mana. Niat yang dimiliki pun juga harus kuat, karena impian itu sama dengan niat. Begitu pula jika memiliki impian untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Butuh kerja keras memang, untuk mewujudkannya. Karena menjadi seorang pengusaha sukses dan memiliki karyawan hingga ribuan serta cabang di seluruh kota-kota besar, tidak mungkin dapat diraih tanpa perjuangan keras dan keyakinan pada sang Pencipta bahwa Dia akan memeluk mimpi-mimpi kita. Namun, semuanya itu belum tentu dapat terwujud, kalau kita tidak melakukan 1 langkah kecil. Karena tentunya langkah besar selalu diawali dengan langkah kecil.

Nah, hal ini yang juga dirasakan oleh H. Jody. Bermodalkan penjualan motor satu-satunya yang ia miliki, ia mencoba membuka usaha. Dengan modal yang benar-benar seadanya, ia bersama istrinya pertama kali melakukan usaha jual beli koran, kemudian menjual parsel, beralih menjadi penjual susu segar, roti BBQ Bebakaran, kemudian beralih lagi menjadi penjual kaos partai, Obonk Steak, dan yang terakhir hingga saat ini Waroeng Steak & Shake. Modal 8 juta rupiah yang digunakan olehnya, pada tahun 2000 lalu berhasil membuatnya membuka usaha Waroeng Steak & Shake dengan dua karyawan. Meski hanya dengan dua karyawan, dirinya dan istrinya, yang mengelola Waroeng Steak & Shake tersebut, namun kegigihan, kekuatan impian dan kekuatan do’a tetap membuktikan bahwa Waroeng Steak & Shake (WS) ini mampu berkembang pesat hingga saat ini, tepatnya tahun 2013 ini. Saat ini pula, pemilik WS ini sudah memiliki 1300 karyawan yang mengolola usaha kuliner tersebut.

Dari usaha kuliner yang H. Jody jalani ini, ada yang menarik dari sistem atau aturan yang ditetapkan pada karyawannya. Setiap hari, absensi yang menunggu para karyawan untuk diisi adalah absensi shalat Dhuha. Selain itu, H. Jody juga menyediakan form khusus untuk hafalan satu juz ayat-ayat al-Quran atau surah-surah pilihan. “Kalau ada karyawan yang sudah hafal satu juz, saya beri hadiah Umroh,” ujarnya. Pemilik usaha kuliner yang telah meraih sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga menerapkan aturan lain yang diberi nama “Spiritual Company”. Spiritual Company yang ia bangun diantaranya berhenti merokok, membaca Al-Quran satu hari satu juz, shalat dhuha, menunaikan shalat wajib di awal waktu, dan pengajian bagi para karyawan “Waroeng Steak & Shake”.

Inilah salah satu yang membedakan usaha kuliner H. Jody dengan kebanyakan usaha kuliner lainnya di Tanah Air, khususnya di Yogyakarta. Hal itu juga yang menjadi rahasia sukses pengusaha muda ini. Walau pun untuk memulai usaha umumnya tidak bisa terlepas dari empat hal yaitu produk yang unik, price (modal), promosi, dan tempat. Namun, bagi seorang pengusaha Muslim juga tidak bisa tidak memegang etika bisnis yang Rasulullah SAW contohkan pada kita, yakni Sidiq (jujur), Amanah (bisa dipercaya), Tabligh (menyampaikan firman Allah), dan Fathonah (cerdas). “Dan yang paling penting juga adalah jangan pernah melupakan Allah” tegas H. Jody.

_(sakinah)_

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.