Public Lecture: Menulis Sebagai Media Dakwah

Senin, (14/01/13) Public Lecture, sebagai acara insidental UNIRES yang diadakan empat kali dalam setahun kembali dihelat. Kali ini, UNIRES menghadirkan penulis Arif Jadmiko sebagai pemateri yang mengangkat tema “Menulis Sebagai Media Dakwah”. Arif memaparkan penting dan wajibnya bagi seorang mahasiswa dan seorang muslim untuk menulis sebagai bentuk cipta karya dan dakwah.

Sebagai salah satu penulis muda, Arif lebih banyak mengajak peserta berdialog dengan bahasa khas anak muda. Menurut Arif, menulis merupakan bagian dari iman. Karna Allah selain menyukai hambanya yang mencari ilmu, juga menyukai hambanya yang mengamalkan ilmu yang didapatkannya. Dan menulis merupakan bagian dari mengamalkan ilmu. Paparnya disela-sela penyampaian materi.

Acara yang berlangsung sekitar dua jam ini dibuka oleh direktur UNIRES, Ghoffar Ismail, M.A. Dalam sambutannya, Ghoffar menyampaikan bahwa menjadi penulis yang baik yang tulisannya memiliki nilai dan manfaat, berasal dari pembaca yang baik  yang meluangkan waktunya untuk meraup ilmu. Ilmu tersebutlah yang kemudian diamalkandan  didakwahkan melalui lisan juga dalam bentuk tulisan.

Peserta menyambut antusias melalui pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan pada pembicara. Sebagian besar peserta menanyakan tips menulis. Acara ditutup dengan kegiatan ceremonial pemilihan resident dan usrah (blok) terbaik untuk masing-masing lantai baik UNIRES putra maupun putri. (afq)

 

Leave a Reply