Sejarah

University Residence Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (selanjutnya disingkat Unires) adalah sebuah hunian atau asrama mahasiswa UMY. Keberadaan Unires ini berawal dari keinginan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk memiliki asrama mahasiswa yang representatif bagi pembinaan mahasiswa. Tujuannya adalah memberi pembinaan kepribadian dan keislaman bagi mahasiswa UMY. Ternyata gayung bersambut, keinginan tersebut mendapat sambutan dari program pemerintah yang memberi hibah Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) kepada universitas swasta sebagai tempat hunian bagi mahasiswa.

UMY mendapat tiga twin blok Rusunawa secara desain dan teknis dirubah menjadui cross blok dengan dana pendampingan internal. Satu gedung ditempatkan di sebelah utara kampus dan dua lainnya sebelah selatan. Kemudian Rusunawa dengan nama Unires ini diresmikan oleh menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia pada tanggal 29 Februari 2008.

Unires digunakan sejak diresmikan dengan uji coba program selama satu semester dan hanya pada mahasiswi (Putri). Setelah itu resmi digunakan untuk mahasiswa satu gedung di utara dan mahasiwi di dua gedung selatan. Setiap tahunnya Unires melahirkan sekitar 300 mahasiwa.