فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (Q.S. al-Kautsar: 2).

Setiap tahun, sebagai umat Islam kita disunnahkan untuk berqurban berupa hewan ternak seperti Sapi, Kambing, Kerbau dan Unta. Tahun ini (2014) seperti biasa dalam rangka ibadah dan pembelajaran bagi para residen, UNIRES kembali mengadakan qurban. Tahun ini Alhamdulillah atas izin Allah, UNIRES mengadakan qurban di dua tempat, pertama sekaligus sebagai bentuk bakti sosial, Unires mengadakan Qurban di dusun Ngemplak, Desa Sendang Mulyo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman. Tempat kedua yaitu di area Unires yang ditangani langsung oleh para residen.

Baner Qurban UNIRES di Minggir

Baner Qurban UNIRES di Minggir

Tempat pertama yakni dusun Ngemplak, qurban dilaksanakan pada hari sabtu (4/10/14) seusai sholat ied. Ternak qurban diantaranya satu ekor sapi dari UNIRES dan tiga ekor kambing diantaranya dari UGM, Madrasah Mualimmat dan seorang warga. Alasan dusun Ngemplak menjadi sasaran qurban dan baksos UNIRES adalah kondisi warga Muslim yang minoritas, yakni dari 40 sekian KK, warga muslim hanya berjumlah 9 KK, serta kondisi perekonomian menengah kebawah yakni mayoritas berprofesi buruh tani.

Rangkaian baksos yang dilaksanakan di Ngemplak antara lain pengajian malam (3/10) bersama direktur UNIRES Bp Ghoffar Ismail, M.A, bazar pakaian bekas murah dengan hasil penjualan digunakan untuk kepentingan masjid di dusun tersebut dan cek kesehatan gratis bersama senior dan asisten senior serta bantuan dari TBM dan dokter.

Tempat kedua yakni di area UNIRES yang dilaksanakan pada hari minggu (5/10/14). Proses pemulasaran daging dari menguliti sampai dibagikan pada warga, ditangani langsung oleh residen dengan bimbingan senior dan asisten senior. jumlah ternak qurban terdiri dari satu ekor sapi dan seekor kambing.