Profil Unires UMY

Tujuan

Membentuk kader pemimpin umat yang bertaqwa kepada Allah SWT., berkepribadian Islam dan mampu mengembangkan diri dalam kehidupan nyata demi terciptanya masyarakat utama yang dicita-citakan Islam dan Muhammadiyah.

Materi Program

Program dilaksanakan selama satu tahun dengan orientasi pokok, pembentukan kepribadian dan peningkatan keterampilan Bahasa Arab dan Inggris.

1. Pembentukan Kepribadian Islam

Kegiatan ini berupa kajian intensif, pelatihan dan pembiasaan. Indikator keberhasilan program ini adalah kemampuan baca-tulis al-Qur’an, berdakwah, beribadah dengan benar dan tertanamnya kebiasaan hidup Islami seperti motivasi dan perilaku ibadah, kebersihan, disiplin, aktifitas sosial, kebersamaan, toleransi dan lain-lain.

Skema Pembentukan Kepribadian Islami

skema

2. Peningkatan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris

Program peningkatan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan budaya ilmiah dan akademik mahasiswa sekaligus diharapkan dapat mengembangikan karirnya. Peningkatan bahasa ini difokuskan kepada kemampuan berbicara aktif dan bersifat komplementer dengan pembelajaran bahasa di kampus .

Program peningkatan bahasa asing seperti ini dapat terlaksana dengan baik dan intensif karena dilaksanakan dalam sebuah miliu yang kondusif dan kontinue, yaitu di asrama. Di asrama, kegiatan dapat dilaksanakan secara terprogram, terkontrol dan terpimpin dalam lingkungan yang kondusif.


Video terkait Profil Unires UMY