Facebook: https://www.facebook.com/candra.r.darmawan Blog: http://www.kompasiana.com/cariawan Everything start with bismillah, Saya hanya seorang anak yang ingin memperoleh kebagiaan dan kebahagiaan itu dapat bermanfaat bagi orang lain, Sukses menurut saya sudah saya jelaskan diatas. Yang terpenting “if yo know al qur’an, you know way to success”. -cariawan- Riwayat Studi S1: http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa/detail/ODk1N0M3REMtNEM2MS00ODFBLTk4N0QtRkExRkY3MDcwMTQ3/0

Semester gasal telah berlalu, residen nampaknya kian nyaman di Unires. Katanya sih, karena tak pernah kesepian, tak pernah bosan, dan tak pernah buffering kalau internetan.
Alhamdulillah… residen telah melampaui satu semester yang penuh dengan penyesuaian dalam mencari jati diri di lingkungan barunya. Dan kini telah masuk semester berikutnya, di mana residen telah mengenal lingkungan sekitar. Semoga Unires menjadi lingkungan ternyaman untuk kalian.
Semester genap mungkin menjadi episode paling menarik dalam cerita Unires setiap tahunnya. Cerita baru di semester baru dengan teman satu ‘usrah’, begitu kami menyebutnya sebagai keluarga. Adapun rangkaian acara demi acara akan diselenggarakan pada semester ini. Mulai dari stadium general (ed: public lecture / kuliah umum), pekan kompetisi unires, sampai di penghujung cerita akan ada acara perpisahan yang biasa kami sebut dengan Haflatul Wada’.
Mungkin terlalu dini untuk berbicara tentang perpisahan, sebab masih ada acara yang harus dilalui sebelumnya. Pekan Kompetisi Unires menjadi salah satu ajang kompetisi yang paling dinantikan oleh residen. Pekan Kompetisi Unires atau PKU sendiri adalah sebuah ajang perlombaan dalam lingkup asrama setiap tahunnya yang diikuti oleh residen, senior, maupun pembina. Ajang perlombaan ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu lomba di bidang akademik maupun non- akademik. Selain itu, untuk mendukung acara ini agar berlangsung dengan lancar, panitia mempersiapkan dengan baik dan juga meriah. Unires pun rela meliburkan program hariannya dalam sepekan, walaupun pembiasaan seperti tadarus, sholat berjamaah, dan kultum tetap berjalan. Ingat! hanya sepekan, kawan-kawan.
Together Will be Able
Dalam Pekan Kompetisi Unires kali ini, Unires mengusung tema “Together Will be Able”, sebuah kalimat yang cocok untuk menggambarkan bahwa kekompakan nantinya akan mengantarkan kepada sebuah kemampuan untuk meraih keberhasilan. Semua ‘usrah’ akan diuji kekompakannya dan bakat-bakat terpendamnya. Walaupun beberapa residen sudah menunjukkan bakatnya dibidang olahraga dalam PON (Pekan Olahraga Unires) yang diadakan pada akhir semester gasal lalu.
Tema PKU

https://pbs.twimg.com/media/C6if6ejU4AAAz-y.jpg
Tema PKU

Seperti PON kemarin, PKU kali ini juga memperlombakan berbagai macam olahraga seperti futsal, basket, voli, tenis meja, dan juga lari estafet. Semakin seru dengan lomba akademik seperti cerdas cermat, spelling bee, tahfidz, pidato bahasa arab maupun inggris, pun video kreatif. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah Unires Mencari Bakat (UMB). Residen bebas berkreasi dengan bakat yang dimilikinya bersama usrahnya masing-masing, perlombaan yang pastinya seru, dan yang pasti ‘Wooow’, ucap salah seorang juri UMB.
Tweet Technical Meeting PKU @ Unires Putra
https://pbs.twimg.com/media/C560WVEUwAAMtaC.jpg
TM PKU @ Unires Putra #1
https://pbs.twimg.com/media/C560d2DUYAEmsuq.jpg
TM PKU @ Unires Putra #2
https://pbs.twimg.com/media/C56zzMNUsAEBtmt.jpg
TM PKU @ Unires Putra #3

Tweet Amazing Volleyball match from Usrah Umar Bin Khattab vs Usrah Rasyid Ridha
https://pbs.twimg.com/media/C6igysJU8AET00J.jpg
Amazing Volleyball match form Usrah Umar bin Khaththab vs Usrah Rasyid Ridha

Tweet FUTSAL Match between Usrah Jamaluddin Al- Afghani vs Usrah Ibnu Taimiyah
https://pbs.twimg.com/media/C6pZN3AVsAQ4SDB.jpg
FUTSAL Match between Usrah Jamaluddin Al- Afghani vs Usrah Ibnu Taimiyah

Lomba Adzan
https://pbs.twimg.com/media/C6pZg9ZUwAArRnZ.jpg
Lomba Adzan

Lomba Tahfidz
https://pbs.twimg.com/media/C6paf59UwAAvUl7.jpg
Lomba Tahfidz

beautiful moments of LCC
https://pbs.twimg.com/media/C6pbWJxV4AES6B9.jpg
beautiful moments of LCC #1
https://pbs.twimg.com/media/C6pbbP1U4AAbSWO.jpg
beautiful moments of LCC #2
https://pbs.twimg.com/media/C6pblx_VoAE4zUG.jpg
beautiful moments of LCC #3

Congratulations to Usrah Muhammad Abduh won LCC competition
https://pbs.twimg.com/media/C6pcva-UwAEBvGV.jpg
Congratulations to Usrah Muhammad Abduh won LCC competition

Opening, O-P-E-N-I-N-G.
“Pembukaan adalah sebuah kata yang menjelaskan bahwa kita harus memulai walaupun tak ingin mengakhiri”.
Senin malam, hari ke-5 bulan Maret, menjadi malam pembukaan PKU yang diadakan di Gedung Unires Putri. Menariknya, setelah peresmian pembukaan, akan langsung dilanjutkan perlombaan pertama yaitu spelling bee yang akan diikuti oleh residen unires putra dan putri. Dan ini menjadi satu-satunya perlombaan yang mempertemukan antara putra dan putri.

Spell this word!. Perlombaan spelling bee semakin seru dengan sorakan penonton yang sangat antusias dengan kemampuan para peserta dalam mengeja kata bahasa inggris yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Satu per satu, terpleset dalam pengejaan dan akhirnya berguguran. Masuklah ke babak yang kedua dengan level yang lebih sulit dan hanya menyisakan 3 orang, dua putra dan seorang putri.
Sayang sekali, nampaknya putra saat itu lebih tenang dan wakil dari putri pun harus rela turun panggung. Permainan dilanjutkan, semua menghela nafas ketika dua orang ini mengeja kata demi kata. Bunyi bel tanda salah eja kata dari salah seorang mereka pun berbunyi. Dan keluar sebagai juara, salah seorang residen dari unires putra. Congratulation!. Gedung putra membawa kemenangan.
Jadilah yang TERBAIK!
Sepekan berlalu, sebagian perlombaan telah usai. Residen telah menunjukkan bakat-bakat terpendamnya selama ini. Mulai dari kelihaian dalam mengolah si kulit bundar, tenang dalam permainan tenis meja, uji wawasan pengetahuan dalam cerdas cermat, pengolahan kata dalam pidato bahasa asing, adzan, tahfidz, Dan yang ditunggu-tunggu, Unires Mencari Bakat!.
Jelas sudah diawal, Unires Mencari Bakat adalah salah satu wadah bagi residen bisa memperlihatkan bakat terpendamnya. Berbagai pertunjukan seperti menyanyi, acoustic band, puisi berantai, dan drama. Menghibur semua penonton pada malam itu. Kalian luar biasa! Masyaa Allah…
Dalam perlombaan menang atau kalah itu biasa. Menang boleh senang, tapi sewajarnya. Kalah tetap lapang, dengan sedikit kecewa itu tak apa. Tapi tanamkan ini pada dirimu nak, saat kau melakukan sesuatu, apapun itu. Jangan berharap menjadi yang nomor satu. Karena dengan harapan seperti itu, kau akan melakukan segala cara untuk mendapat predikat sebagai nomor satu. Tapi jadilah yang terbaik, dan yang terbaik tak mesti nomor satu. Lakukan segala sesuatu yang terbaik menurut kemampuanmu dan dengan begitu kau akan merasa selalu cukup. Satu lagi, dan Allah ingin melihat seberapa ikhlas dan jujurnya dirimu.
Begitulah sepenggal cerita kami dari Gedung Putra, mari kita dengar cerita dari gedung seberang?.

Yogyakarta, 19 Maret 2017

Penulis: Cariawan

Editor: Aseptilena