PELATIHAN RU’TI JENAZAH UNIRES 2018

Senin, 26 Februari, 2018 Unires UMY mengadakan Program Pelatihan Ru’ti Jenzah. Program ini merupakan Salah satu dari program keislaman yang diadakan oleh Unires UMY. Dalam kegiatan ini para residen dilatih bagaimana cara mengurusi jenazah, dimulai dari memandikan, mengkafani menyolatkan sampai dengn cara menguburkan jenazah.

kegiatan ru’ti jenazah kali ini bekerjasama dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kota. Adapun yang bertindak sebagai pemateri adalah ustadz Alfis Khoirul Khisholi, S.Kom.I, MSI. Didalam materinya, pemateri mengingatkan akan kematian yang pasti akan dialami oleh setiap manusia. setelah itu, pemateri berpesan bahwa hendaknya setiap muslim mengetahui tata cara mengurus jenazah, terkhusus bagi seorang anak yang masih mempunyai orang tua, karena apabila salah satu dari keduanya  meninggal, tanda bakti terakhir seorang anak kepada orang tuanya adalah terkait dengengan urusan ini(rukti jenazah-pent).

Dimulai setelah isya, pelatihan ru’ti jenazah berjalan dengan apik para residen terlihat antusias memperhatikan pemaparan yang disampaikan oleh pemateri baik berupa praktik maupun penjelasan materinya. Materi Ru’ti jenazah berlangsung sampai dengan pukul 21:45 WIB dan diakhiri dengan sesi Tanya jawab.

Setelah mengikuti kegiatan ini para residen wajib melakukan praktik kepada senior mereka dalam rangka pemenuhan program mentoring Al-Islam, yakni salah satu dari rangkaian program yang ada di Unires UMY.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ru’ti jenazah, diharapkan para residen mampu mempraktikan apabila sewaktu-waktu hal ini dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *