Setiap tahunnya, University Residence (Unires) sebagai Asrama Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan beberapa agenda pembukaan dan persiapan. Hal ini dilakukan salah satunya agar kesiapan civitas akademik di Unires terutama mahasiswa menjadi lebih baik. Pada tahun 2018 ini, Unires membuat sedikit perbedaan pada rangkaian agenda pembuka.

Seperti biasanya, agenda paling awal adalah rangkaian Masa Ta’aruf Unires. Acara ini sedikitnya serupa dengan masa orientasi mahasiswa atau ospek. Adapun masa ta’aruf adalah istilah yang biasa dipergunakan di lingkungan kampus UMY. Untuk tahun 2018 ini, Mataf Unires dilaksanakan dalam tempo beberapa hari, karena terdapat beberapa acara yang harus diadakan pada malam hari, yaitu seminar public speaking, pembekalan al-islam terkait ibadah dan sosialisasi dari pihak kepolisian.

Mabit Masa Ta’aruf Unires

Mataf tahun ini diawali dengan Mabit pada tanggal 1 September 2018, di mana para mahasiswa berkumpul untuk duduk bersama di aula yang biasa dipergunakan untuk shalat berjama’ah. Dalam acara ini para residen(sebutan untuk mahasiswa yang mengikuti program Unires) mendapatkan wejangan secara khusus dari Ustadz Mahfud Khoirul Amin(Pengasuh Unires Putra). Residen tampak mengikuti acara mabit ini dengan khidmat namun ceria.

 

Outing Masa Ta’aruf Unires

Keesokan paginya, tanggal 2 September 2018, residen bersama dengan kakak-kakak pendahulunya(Senior Resident, Asisten Senior Resident, Pembina dan Pengasuh) melanjutkan kegiatan dengan outing. Outing sendiri adalah sebutan untuk acara keluar dari Unires dalam Mataf, di mana terdapat beberapa kegiatan yang dapat menyegarkan badan dan juga meningkatkan keakraban khususnya bagi para residen. Acara ini dimulai dengan senam pagi bersama sebagai pemanasan awal yang disertai dengan cuitan yel-yel penyemangat dan pemicu keceriaan. Setelah pemanasan di halaman Unires, semua peserta berangkat menuju kampus UMY untuk mengikuti acara inti. Di kampus, terdapat acara sambutan dari perwakilan petinggi Unires, yaitu Ustadz Muhsin Hariyanto(Direktur Unires), Bunda Isthofaina Astuty(Wakil Direktur Bidang Sumber Daya) dan Ustadz Mahfud K.A.(Wakil Direktur Bidang Program dan Pembinaan). Adapun setelah sambutan2 tersebut acara dilanjutkan dengan berbagai games seru seperti mengisi air di pipa berlubang, memindahkan karet gelang dengan pipet dan memasukkan paku ke dalam botol. Yang juga unik di tahun ini, terdapat beberapa penghargaan untuk peserta ter…, mulai dari terdisiplin, ter-kece, ter-usil, ter-gokil, ter-lucu, sampai ter-alay.

 

Pembekalan Public Speaking

Hari ke-3, tanggal 4 September 2018, sekitar ba’da shalat isya’, Unires menyelenggarakan Pembekalan Public Speaking yang dipandu oleh saudara Masadi Prihambodo, salah satu senior residen unires putra, sebagai MC sekaligus Moderator. Acara dimulai dengan pembacaan al-qur’an oleh saudari … , kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Unires, Ustadz Muhsin Hariyanto. Setelah sambutan, acara memasuki bagian utama atau inti, yaitu pembekalan public speaking yang difasilitasi oleh Kak Ferry Anggara, seorang MC dan Trainer Public Speaking yang sangat berpengalaman juga TV Presenter di TVRI. Bersama beliau, tentunya acara menjadi lebih hidup, bersemangat dan ceria. Beliau membawakan penyampaiannya disertai dengan pemantik konsentrasi peserta berupa beberapa ice breaking ala senam otak yang menyegarkan, sehingga peserta dapat lebih fokus dan menikmati acaranya. Dalam kesempatan ini, beliau juga memberikan kesempatan sesi tanya jawab dengan peserta. Adapun terdapat beberapa peserta yang juga secara langsung mencoba praktik public speaking, sehingga menambah keseruan dalam acara ini.

 

Pembekalan Al-Islam : Ibadah

Hari ke-4, tepatnya tanggal 5 September 2018, Unires mengadakan Pembekalan Al-Islam terkait Ibadah yang difasilitasi oleh Ustadz Syakir Jamaluddin, salah seorang dosen tetap Fakultas Agama Islam di UMY. Beliau banyak menjelaskan seputar sumber-sumber hukum dari gerakan, posisi dan bacaan atau doa dalam shalat. Turut dibahas juga persoalan terkait khilafiyyah atau perbedaan pendapat dari para ulama tentangnya. Adapun Ustadz Syakir juga memberikan contoh secara langsung dari setiap gerakan dan posisi serta bacaan dalam shalat tersebut. Dengan demikian para residen dapat memahami persoalan pokok dari perbedaan dalam gerakan, posisi dan bacaan dalam shalat serta dapat memahami apa yang menjadi pilihan dalam praktik shalat yang merupakan ibadah paling pokok dalam kehidupan.

 

Sosialiasi dari Kepolisian

Pada malam hari ba’da isya’ di hari ke-5, Unires mengadakan sebuah sosialisasi terkait keamanan dan kriminalitas yang difasilitasi oleh 2 orang perwakilan dari pihak kepolisian, lebih tepatnya perwakilan dari Polres. Sosialisasi ini dipandang perlu dikarenakan adanya beberapa kasus di masa lalu, baik itu kecelakaan maupun tindakan kriminal yang melibatkan civitas akademik Unires (khususnya residen) baik sebagai saksi maupun korban. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan civitas akademik Unires dapat memahami prosedur dan upaya yang bisa ditempuh dalam menghadapi ataupun mencegah kejadian-kejadian kriminal dan kecelakaan.

 

Tanggal 7 September 2018 Unires melaksanakan Pembukaan Program Pembinaan secara serentak di aula lantai dasar gedung Y, Unires Putri. Dalam acara seremonial ini, turut hadir pihak dari kampus UMY, khususnya rektor UMY, Bapak Gunawan Budiyanto. Acara ini berlangsung cukup meriah, meskipun sedikit serius, salah satunya dikarenakan penyampaian dengan gaya yang santai, lucu dan seru terkait program Unires oleh Pengasuh Unires Putra yang baru, yaitu Ustadz Mahfud Khoirul Amin.

Suasana sebelum acara Pembukaan Program Pembinaan Unires

Suasana acara Pembukaan Program Unires

Suasana Pasca Penutupan Acara

 

Pembekalan Al-Islam : Akidah dan Akhlak

Agenda selanjutnya yaitu pembekalan Al-Islam oleh Direktur Unires, Ustadz Muhsin Hariyanto. Dalam acara ini disampaikan kepada mahasiswa Unires tentang akidah dan akhlak dalam Islam. Hal ini berfokus pada bagaimana seharusnya kita bersikap dan bertindak serta bagaimana kita betul-betul menghayati keimanan kita dalam kehidupan sehari-hari selaku seorang muslim yang baik.

Suasana Pembekalan Program Al-Islam oleh Ustadz Muhsin Hariyanto


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *