Baitul Arqam Unires dilaksanakan pada tanggal 12-13 Agustus 2017, bertempat di Dolan Deso, Kulon Progo, DIY. Kegiatan Baitul Arqam Unires merupakan program yang wajib diikuti oleh Senior Resident (SR) dan Asisten Senior Resident (ASR) periode 2017/2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi SR/ASR dalam persiapan membimbing residen selama satu tahun ke depan. Baitul Arqam merupakan kegiatan rutin UNIRES UMY yang diadakan di setiap awal periode pembinaan dengan peserta Pembina, SR dan ASR.

Kesiapan SR/ASR dalam membimbing residennya merupakan salah satu tolak ukur yang paling berpengaruh dalam menilai keberhasilan pembinaan selama satu tahun di Unires. Untuk itu, Baitul Arqam adalah gerbang awal yang menjadi agenda pokok guna meningkatkan kualitas dan profesionalitas SR/ASR.

Dalam rangka mendukung tercapainya tujuan kegiatan Baitul Arqam, SR/ASR disuguhi beberapa kegiatan berupa materi, diskusi dan soft skill. Di antaranya materi “Visi, misi dan pengembangan program UNIRES” dengan narasumber Ust Muhsin Haryanto, M.Ag selaku Direktur UNIRES. Materi “Team work dan anggaran UNIRES” yang diampu oleh Bu Isthofaina Astuty, S.E., M.Si selaku Kepala SDM dan Keuangan UNIRES. Adapun materi “Pembinaan dan pengasuhan” disampaikan oleh Ust Talqis Nurdiyanto, Lc., MA selaku pengasuh UNIRES Putra. Dan untuk materi “Sosialisasi Program dan Administrasi” disampaikan oleh ustadzah Ai Kartilah, S.E dan ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP.

Dalam implementasinya di UNIRES, residen tidak hanya mendapatkan ilmu agama melalui program klasikal saja, namun juga dibentuk karakternya melalui program pembiasaan seperti sholat berjama’ah, berpakaian syar’i, tadarus dan lainnya. Untuk mendukung suksesnya program pembiasaan tersebut, SR/ASR dibagi ke dalam beberapa divisi yang berguna sebagai salah satu bentuk monitoring khusus kepada residen. Misalnya divisi keibadahan, keamanan, dan lain-lain. Pada Baitul Arqam ini, dilakukan diskusi per divisi untuk mempersiapkan program program divisi dalam 1 periode ke depan.

Di akhir agenda (hari kedua), SR/ASR dibekali soft skill dengan kegiatan outbound yang dipandu oleh Tim Outbound Dolan Deso. Alhamdulillah, kegiatan Baitul Arqam 2017 berjalan dengan lancar. (Silmi/ed:Annisa)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *